Pedagang Pasar Manis keluhkan sepinya pembeli

Ditulis 13 Okt 2009 - 23:38 oleh Banyumas1
Pedagang pasar masin sepi tanpa pembeli (foto:cit/BNC)

Pedagang pasar masin sepi tanpa pembeli (foto:cit/BNC)

PURWOKERTO – Sejumlah pedagang di Pasar Manis Purwokerto yang dipindahkan sementara ke halaman gedung kesenian Soetedja mengeluhkan sepinya pembeli yang membeli dagangan mereka. Para pedagang yang biasanya berjualan di sepanjang trotoar depan Pasar Manis tersebut mengaku omzet penjualan mereka menurun sejak direlokasi seminggu yang lalu. Relokasi sementara ini akibat proyek pelebaran Jl. Gatot Soebroto dan rencana pembangunan Pasar Manis. Tini (43) salah seorang pedagang kue kamir menuturkan kepada BanyumasNews.Com Selasa (13/10) bahwa penjualan kue kamirnya menurun drastis dari hari – hari biasanya sebelum dipindahkan.

“Biasanya saya jualan kamir itu 3 adonan, sekarang cuma 1 adonan, ini jelas ngurangin pemasukan saya padahal biayanya sama saja” ungkap Tini.

Hal senada juga diungkapkan Rusmiati (38) seorang pedagang sayuran, dirinya mengatakan bahwa pengurangan jumlah pembeli begitu kentara terlihat setelah dirinya dan juga pedagang lain dipindahkan ke halaman gedung Soetedja. “Biasa didepan ramai, begitu orang parkir langsung beli tapi kalau disini jualan kita tidak terlihat jadinya tidak ada yang beli” kata Rusmiati.

Darseno Kepala pasar Manis mengatakan sebanyak 54 orang pedagang dipindahkan untuk sementara waktu ke halaman gedung kesenian Soetedja. Hal tersebut sesuai dengan surat perintah pemindahan dari Disperindagkop Kabupaten Banyumas. Rencananya pasar manis akan diperlebar agar bisa menampung seluruh pedagang, terlebih para pedagang yang berjualan di sepanjang trotoar. Hal ini terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rencana penataan kota. Pasar yang tadinya hanya seluas 2550 M2 dan hanya mampu menampung sekitar 400 pedagang akan diperluas menjadi 5567 M2. Dana sebesar Rp.10 Milyar telah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk proyek pembangunan Pasar Manis (banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response