Calon Haji Kabupaten Banyumas divaksinasi

Ditulis 13 Okt 2009 - 23:25 oleh Banyumas1
Calhaj yang mendaftar harus menjalani vaksinasi (foto:cit/BNC)

Calhaj yang mendaftar harus menjalani vaksinasi (foto:cit/BNC)

BANYUMAS – Bertempat di gedung IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia), sebanyak 1135 calon haji asal Kabupaten Banyumas mulai tanggal 13-15 Oktober mendatang dijadwalkan akan mendapatkan vaksinasi meningitis dan juga influenza dari dinas kesehatan Kabupaten Banyumas. Pemberian vaksinasi tersebut dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah jemaah haji asal Banyumas tertular penyakit yang berasal dari jamaah haji negara lain. dr. Widayanto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas menuturkan kepada BanyumasNews.Com siang (13/10) bahwa pemberian vaksinasi tersebut adalah bentuk pencegahan pertama yang dapat dilakukan pemerintah terhadap masyarakat yang akan berangkat haji ke Mekkah.

“Vaksinasi ini bertujuan untuk memperkuat kekebalan tubuh jamaah calon haji, karena dikhawatirkan akan tertular berbagai penyakit seperti meningitis (radang otak) dan juga influenza dari jamaah calon haji yang berasal dari negara endemic penyakit tersebut” kata Widayanto.

Menurut Widayanto negara – negara benua Afrika adalah negara endemic penyakit meningitis, sedangkan Meksiko & Cina adalah negara endemic penyakit Influenza jenis H1N1 dan H3N2. Para Calon haji diberi vaksin tiap jenisnya sebanyak 0,5 ml yang diberikan dengan cara disuntik pada lengan bagian atas. Selain vaksinasi, para jemaah calon haji juga melakukan general check up yang meliputi pemeriksaan darah, jantung, paru – paru, fisik, dan sebagainya. Bagi para Jamaah perempuan juga dilakukan tes kehamilan bagi yang masih dalam fase subur.

Jemaah Haji asal Kabupaten Banyumas dijadwalkan berangkat menuju embarkasi Adi Sumarmo Solo pada tanggal 4, 5, dan 9 November 2009 mendatang. 1135 Calon haji asal Banyumas tersebut akan diberangkatkan dengan 4 kloter yakni kloter 42, 43, 52, dan 53 (banyumasnews.com/cit).

Tentang Penulis

Leave A Response