TPA Gunung Tugel Kebakaran

Ditulis 13 Okt 2009 - 22:57 oleh Banyumas1
Kebakaran yang melanda TPA Gn. Tugel, tampak asap yang begitu tebal menyelimuti TPA (foto:cit/BNC)

Kebakaran yang melanda TPA Gn. Tugel, tampak asap yang begitu tebal menyelimuti TPA (foto:cit/BNC)

PURWOKERTO – TPA Gunung Tugel Selasa (12/10) sekitar pukul 10.00 WIB, mengalami kebakaran besar. Kebakaran terjadi di wilayah sebelah timur TPA, di zona 1, 2, 3, dan 4. Pemkab bertindak cepat dengan menerjunkan sebanyak 3 mobil pemadam kebakaran guna memadamkan api namun hingga berita ini diturunkan kebakaran masih belum bisa tertangani secara keseluruhan, bahkan belum mencapai 50%. Menurut Muryono, S.Sos Kepala Unit Persampahan Gunung Tugel luas kebakaran mencapai 1 Hektare persegi, dan dibutuhkan waktu dua sampai 3 hari untuk bisa memadamkan api secara keseluruhan.

“Kebakaran ini paling cepat ditangani 2 sampai 3 hari kedepan, kebakaran menjadi sulit ditangani karena didalam sampah terkandung gas Metanol yang sangat cepat terbakar, belum lagi hembusan angin yang begitu kencang” Tutur Muryono kepada BanyumasNews.Com (BNC).

Akibat kebakaran tersebut, udara disekitar TPA menjadi tercemar oleh kepulan asap pekat. Kebanyakan dari warga mangaku mengalami gangguan pernafasan seperti sesak nafas dan juga batuk – batuk. Sunarti (40), warga Rt. 04/Rw 08 Karang Klesem menuturkan bahwa kebakaran seperti ini sering sekali terjadi bahkan saban tahun, asap yang ditimbulkan menurut Sunarti sangatlah bau dan menyengat.

“Kalau sudah seperti ini kasihan anak – anak, pernafasan mereka menjadi terganggu dan jatuh sakit, kami berharap agar pemerintah secepatnya menangani kasus kebakaran di TPA Gunung Tugel ini” harap Sunarti (banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response