Polusi berlebihan,Pemkab Kebumen wacanakan ngonthel ke kantor

Ditulis 10 Okt 2009 - 01:18 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Pemkab Kebumen mewacanakan himbauan penggunaan sepeda onthel untuk bepergian ke kantor. Wacana tersebut didasari tingkat polusi udara di dalam kota Kebumen sudah melebihi ambang batas yang ditentukan.

”Gerakan bersepeda kami wacanakan akan dimulai bagi pejabat dan PNS dilingkungan Kabupaten. Dalam satu minggu tidak perlu setiap hari, cukup sehari dulu berangkat dan pulang kantor dengan bersepeda,” kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kebumen, Joko Sutrisno, Jum’at (9/10).

Disebutkan Joko, upaya gerakan bersepeda paling tidak bisa mengurangi polusi udara di wilayah Kebumen. Berdasar hasil pengukuran tingkat polusi, setidaknya ditemukan tujuh titik yang melebihi ambang batas. Titik lokasi dimaksud yakni perempatan Tugu Lawet, pertigaan Jalan Kusuma menuju Jalan Sutoyo, sekitar pasar Karanganyar dan di depan pasar Wonokriyo Gombong. Kemudian di wilayah tobong kapur yang berada di Jatijajar (Kecamatan Ayah), Redisari dan Kalisari.

Joko mengungkapkan, dengan latar belakang tingkat polusi ini, pihaknya sudah menyampaikan saran kepada Bupati Kebumen agar mengintruksikan gerakan cinta sepeda dan menggunakannya untuk keperluan ke kantor. ”Untuk lingkup kantor LH sendiri sudah menerapkan gerakan bersepeda, meski hanya dilakukan pada setiap hari Jum’at,” kata Joko Sutrisno (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response