Tim relawan PMI Purwokerto tunggu instruksi pusat

Posko Siaga Bencana PMI Purwokerto (foto:cit/BNC)
Posko Siaga Bencana PMI Purwokerto (foto:cit/BNC)

PURWOKERTO – Hingga kini PMI cabang Purwokerto belum mendapatkan instruksi dari PMI pusat untuk mengirimkan tim relawan ke daerah bencana gempa Padang – Sumatera Barat. Padahal tahap tanggap bencana telah berlangsung selama hampir dua pekan. “Kami telah menyiapkan sebanyak 4 orang relawan untuk bergabung bersama tim dari pusat, kita hanya tinggal tunggu instruksi dari pusat kapanpun jika dibutuhkan” ujar  Sutomo, Kepala PMI Cabang Purwokerto kepada BNC,Jumat (09/10).

Meski begitu PMI Purwokerto  telah siap siaga apabila sewaktu – waktu diminta untuk membantu proses penanganan korban gempa.Namun menurut Sutomo ketika relawan dari Purwokerto diterjunkan mungkin bukan lagi pada tahap evakuasi korban, tapi sudah pada upaya pemulihan psikis korban dan juga hal – hal lain yang terkait penanganan korban bencana.

Ketika disinggung soal dana bantuan yang sudah terkumpul di PMI Cabang Purwokerto, Sutomo mengungkapkan bahwa sampai saat ini dana yang terkumpul masih sangat minim yakni baru sekitar Rp. 1.500.000,-.

Sutomo menuturkan penyebab begitu minimnya dana yang terkumpul adalah masyarakat kebanyakan mengirim sumbangan lewat televisi dan organisasi – organisasi masyarakat lainnya, namun Sutomo mengungkapkan bahwa pihaknya selalu siap menerima dana sumbangan masyarakat kapanpun itu. Sutomo berharap agar sumbangan yang diberikan lebih berupa uang, karena pihak PMI Cabang Purwokerto mengakui kesulitan apabila akan menyalurkan bantuan berupa barang mengingat jauhnya jarak antara Purwokerto dan Padang (banyumasnews.com/cit)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*