Baru diujicoba sehari, tujuh saluran pipa air bersih jebol

BANJARNEGARA – Tujuh jaringan pipa Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, jebol. Padahal, jaringan itu baru diujicoba sehari.  Diduga, jebolnya pipa yang berjarak sekitar 7 kilometer itu pada tiga titik akibat benturan benda keras. Tujuh SAB ini masing-masing berada di Dukuh Sawangan, Kamal, Gelap, Kemanta, Talang, Tegal Asri di sekitar Balai Desa dan SMN 4 Mandiraja.
Pjs Sekdes Jalatunda Rohmat Jumat (09/10) mengatakan, tujuh SAB itu semestinya difungsikan untuk mengatasi kekeringan di wilayah itu. Sebab setiap tahun, saat kemarau Jalatunda mengalami kekeringan dan mesti di droping air. ”Wilayah ini, jika musim hujan air berlebih dan jika kemarau air sulit di cari,” kata Rohmat.
Dikatakan Rohmat, sejak empat bulan lalu di bangun proyek SAB dengan sumber air dari mata air di hutan milik Perhutani yang berjarak sekitar tujuh kilometer. Baru empat hari lalu di ujicobakan, namun selang sehari air macet. Setelah ditelusuri ternyata ada tiga pipa yang pecah akibat dipukul dengan benda keras. ”Pipa SAB cukup lentur, bahkan jika diinjak dengan truk pun tak akan pecah, kecuali jika di pukul,” kata Rohmat.
Diungkapkan Rohmat, jauhnya jarak mata air dengan desa mengakibatkan tidak semua SAB terisi air secara optimal. Dari tujuh SAB hanya lima yang berfungsi dengan baik, sedangkan dua SAB kerap mati. ”Jika optimal tiap SAB mampu mencukupi kebutuhan 50 hingga 80 kepala keluarga, artinya mampu mencukupi kebutuhan air 70 persen warga
Jalatunda,” katanya (banyumasnews.com/tgr).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.