Kejar status RS tipe B, RSUD Purbalingga terus berbenah

PURBALINGGA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Purbalingga terus bebenah untuk bisa mencapai status rumah sakit bertipe B.  Saat ini, RSUD Purbalingga yang masih berstatus tipe C, tengah membangun gedung poliklinik, aula di lantai dua, perumahan paramedis dan plaza.

”Alokasi dananya Rp 5 miliar bersumber dari APBD 2009 Perubahan,” kata Direktur RSUD Purbalingga, dr Nonot Mulyono M.Kes.

Menurut Nonot, RSUD yang dipimpinnya memiliki 13 ruang poliklinik. Terdiri dari delapan poliklinik dokter spesialis, dan poliklinik gigi, gizi, fisioterapi, psikologi dan akupungtur. Sedang syarat untuk mejadi rumah sakit bertipe B, RSUD harus menambah poliklinik dokter spesialis jantung, paru-paru, bedah ortopedi dan rehabilitasi medis.
Kendala yang sulit diatasi berupa perekrutan dokter specialis, karena dari dua kali perekrutan dokter specialis melalui penerimaan CPNS selalu kosong pendaftar. Dokter spesialis yang dibutuhkan RSUD diantaranya specialis anak, THT, dan anastesi.

”Karena dokter spesialis sudah tidak ada ikatan lagi dengan Depkes (Departemen Kesehatan). Mereka bebas mau kemana saja. Jadi tinggal bagaimana pemkab bisa meyakinkan dokter-dokter itu,” kata Nonot.

Mengenai pembangunan perumahan paramedis, Nonot menyebutkan, rencananya, di bagian belakang RSUD akan dibangun 20 unit rumah. Saat ini tengah digarap delapan unit rumah yang kini dalam proses penggerjaan. Sedang perumahan paramedis yang sudah ada di sebelah RSUD akan dibongkar habis.

”Di atas lahan bekas perumahan paramedis lama itu akan dibangun gedung rumah sakit berkelas VIP (very important person), areal parkir dan untuk menampung PKL (pedagang kaki lima). Jadi nanti trotoar depan gedung utama RSUD bebas dari PKL,” ujar Nonot (banyumasnews.com/tgr)

Peresmian RSUD Purbalingga (foto:tgr/BNC)
Peresmian RSUD Purbalingga (foto:tgr/BNC)

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.