Pabrik aci terbakar, kerugian puluhan juta

Ditulis 08 Okt 2009 - 21:58 oleh Banyumas1
Pabrik aci terbakar (foto:tgr/BNC)

Pabrik aci di Kemangkon terbakar (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Musibah kebakaran, Kamis (8/10) siang terjadi di pabrik aci  CV Sari Bumi Karya yang berada di Desa Panican, Kecamatan Kemangkon. Kebakaran itu diduga disebabkan karena sejumlah open tersumbat sisa-sisa aci sehingga pembakaran tidak sempurna dan menimbulkan bunga api. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Peristiwa kebakaran terjadi ketika para karyawan tengah beraktifitas. Sekitar pukul 10.00 WIB, secara tiba-tiba ruangan bagian oven keluar bunga api. Dalam sekejap api terus membesar  dan membakar dua buah oven berdekatan.  ”Para pekerja langsung kami kerahkan untuk memadamkan api secara manual. Untung saja tidak jauh dari pabrik terdapat sungai Klawing, sehingga kami dengan mudah mampu menekan laju nyala api,” kata Direktur CV Sari Bumi Karya, Harlinda SH.

Meski para pekerja telah melakukan pemadaman secara manual, namun kobaran api masih tetap saja muncul. Pihak Pemadam Kebakaran pun terus dikontak untuk segera datang. Dalam waktu sekitar 40 menit bekerja, tim pemadam kebakaran Pemkab berhasil memadamkan kobaran api dengan mengerahkan dua armadanya.

Menurut Harlinda, musibah kebakaran pabriknya baru kali pertama terjadi. Penyebab kebakaran bukan konsleting listrik atau bahan bakar batubara, namun karena sumbatan sisa-sisa aci yang mengering dan mudah tersulut oleh bara api dari oven. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response