28 Transmigran Banjarnegara diberangkatkan ke Sumsel

Ditulis 08 Okt 2009 - 14:39 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Hari ini 28 orang dari 10 KK yang terdaftar di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banjarnegara berangkat dari Semarang ke lokasi penempatan di Air Balui, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Sebelumnya selama 8 hari mereka telah mengikuti Pendidikan Dasar Umum dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. Masrurhadi. Menurutnya minat masyarakat Banjarnegara untuk ikut program transmigrasi sebenarnya masih tinggi.

“Terbukti tahun 2009 ini lebih dari 200 pendaftar yang tercatat, namun kuota dan target yang dapat kami penuhi hanya 25 KK. 15 KK yang tersisa akan diberangkatkan setelah turun Surat Perintah Pemberangkatan (SPP) dari pusat sekitar akhir November atau awal Desember. Rencananya mereka akan ditempatkan di Air Mata Kabau, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku,” jelasnya.

Adapun fasilitas yang didapatkan para transmigran di lokasi penempatan diakui Masrurhadi cukup memadai. “Mereka memperoleh lahan seluas 2 hektar, ½ hektar untuk pekarangan dan sisanya sebagai lahan usaha. Disamping itu setiap KK diberi rumah dan jaminan hidup selama satu tahun sampai mereka dianggap bisa hidup mandiri. Jaminan itu meliputi beras sebanyak 10 kg/bulan untuk kepala keluarga dan 7 ½ kg/bulan untuk istri dan maksimal 2 orang anak,” ungkapnya.

Khusus pemberangkatan pertama ini, Nurhadi menambahkan bahwa ke-28 orang tersebut berasal dari 5 Kecamatan yaitu Banjarnegara, Rakit, Susukan, Purwareja Klampok, dan Bawang. Dari Semarang menuju Palembang mereka difasilitasi angkutan bus dan kapal laut (banyumasnews.com/yov).

Tentang Penulis

Leave A Response