Penambang pasir liar di Kebumen dirazia

Ditulis 07 Okt 2009 - 14:18 oleh Banyumas1

KEBUMEN- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kebumen melakukan  razia penambang pasir liar di area penambangan di lahan pertanian di Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung. Dalam razia tersebut sedikitnya lima mesin penyedot pasir berhasil diamankan.

Kepala Seksi Pembinaan Umum dan Penegakan Peraturan Daerah pada Satpol PP Kebumen, Sugito Edy Prayitno, Rabu (7/10) mengatakan, razia penambangan pasir dilakukan karena maraknya penambangan pasir di sepanjang Sungai Luk Ulo. Bahkan, penambangan pasir merambah lahan pertanian. Namun kebanyakan para penambang tidak mengantongi ijin.

“Penambangan pasir itu melanggar Perda Provinsi Jateng No. 6 Tahun 1994 dan Perda Kabupaten Kebumen No. 5 Tahun 2001 tentang Penambangan Galian Golongan C. Di mana penambangan batu maupun pasir dilarang menggunakan alat mekanik termasuk dengan mesin penyedot,” kata Sugito .

Dikatakan Sugito, penambangan galian C di Kabupaten Kebumen harus mengantongi ijin. Setiap pengusaha penambangan juga memiliki areal penambangan sendiri-sendiri. Penambang juga dilarang melakukan penambangan di areal pertanian. “Bagi yang melanggar terpaksa mesin sedotnya kita sita,” kata Sugito. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response