Persaingan ketat, order sablon tak kenal surut

Ditulis 04 Okt 2009 - 22:14 oleh Banyumas1

AJIBARANG – Prospek membuka usaha di bidang percetakan seperti sablon terbilang bagus. Meskipun keberadaanya semakin menjamur, namun tidak membuat para pemiliknya sepi orderan. Bahkan dalam kondisi krisis ekonomi sekalipun. Apalagi ketika datang musim panen orderan seperti sepanjang ada kegiatan pesta demokrasi baik Pilbup, Pilgub, Pileg hingga Plipres beberapa bulan lalu.

Hal itu dikatakan Heri Abdul Azis, Ketua Komunitas Sablon (Kasab) yang mebawahi empat kecamatan meliputi Ajibarang, Gumelar, Cilongok dan Pekuncen, kepada banyumasnews.com di tengah acara silaturahim anggota Kasab pada Minggu siang (4/10) di Balai Desa Ajibarang Kulon.

“Dalam kondis krisispun para pemilik usaha sablon tetap mendapatkan orderan dan usahanya lancar-lancar saja. Apalagi ketika datang musim panen pesanan sablon seperti ketika Pilkada tahun lalu,” kata Heri.

Pernyataan Heri itu dikuatkan dengan semakin banyaknya para pemilik usaha sablon baru dan kini sudah bergabung dengan Kasab. Menurutnya, hingga kini jumlah anggota Kasab sudah mencapai 120 pemilik usaha sablon.

“Itu artinya maju hari jumlah pemilik usaha di bidang percetakan maupun sablon semakin bertambah,” ujar pemilik usaha sablon Hasto Wijaya mantap.

Diakui Heri, semakin bertambah orang yang membuka usaha di bidang percetakan atau samblon, sudah barang tentu akan semakin menambah ketatnya persaingan dalam menjaring orderan ataupun pelanggan. Namun hal itu diangap sebagai suatu yang wajar dalam sebuah usaha.

“Dalam usaha kita boleh bersaing, tetapi melalui komunitas sesama anggota adalah kawan yang saling membuka peluang,” papar Heri yang menggeluti usaha sablon sejak 20 tahun silam.

Kedepannya, tambah Heri, Kasab ingin dibuatkan badan hukum sehingga meningkat menjadi semacam koperasi. Agar segala aturan serta antara hak dan kewajiban anggota jelas dan terarah.

Silatruahmine Kasab Ajibarang (foto:ham/BNC)

Silatruahmine Kasab Ajibarang (foto:ham/BNC)

Para peserta yang datang selain bersilaturahmi antar anggota juga mendapat siraman rohani dari ustad Abdul Wahid Rosyadi. (banyumasnews.com/ham)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. pret 10/10/2009 pukul 20:45 -

    hidup K.SAB……….
    mga k’dpannya makin skses………..
    gw dkung trus, wlpun gw g sma kalian………
    Good Luck K.SAB

Leave A Response