Tersangkut jaring, kapal nelayan Cilacap terdampar

Ditulis 04 Okt 2009 - 22:06 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
39
Dalam Tag

CILACAP – Sebuah kapal nelayan jenis Long Line terdampar di Perairan Kemiren Pantai Tegalkamulyan, Cilacap Selatan Minggu (4/10). Kapal long line yang membawa 11 ABK (anak buah kapal) ini diketahui bernama Husen Jaya asal daerah Kebon Baru Cilacap Selatan.

Kasnari, nakhoda kapal menuturkan, saat itu, kapalnya bermaksud menuju ke perairan Kebumen. Namun saat tiba di perairan Kemiren sebelah utara Pantai Teluk Penyu tiba tiba mesin kapal mati.

“Setelah saya cek, ternyata baling-baling pada mesin kapal tersebut tersangkut jaring ,” ujar Kasnari. Untuk mengatasi hal tersebut¬† harus dengan mengeluarkan jangkar untuk menahan kapal agar tetap diam. Kemudian awak kapal mengambil jaring yang tersangkut.

Tetapi pada saat penjangkaran itulah, tiba tiba datang gulungan ombak yang tinggi, hingga jangkar tidak kuat menahan beban kapal. Pelan-pelan akhirnya long line terbawa ke pinggiran pantai sampai kemudian terdampar.
Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semua ABK selamat, karena kapal tidak sampai oleng dan hanya terbawa gelombang sampai ke pinggiran.Minggu petang puluhan nelayan masih melakukan evakuasi kapal tersebut. ” Namunada pasir yang menimbun separo lambung kapal sehingga kami kesulitan melakukan evakuasi,” ujar Diran, nelayan yang ikut melakukan evakuasi (banyumasnew.com/tin)

Tentang Penulis

Leave A Response