Aditya Prima dan Putri Amalia, Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga

Aditya dan Putri, terpilih Kakang Mbekayu Purbalingga (foto:tgr/BNC)

Aditya dan Putri, terpilih Kakang Mbekayu Purbalingga (foto:tgr/BNC)

Para juara Kakang Mbekayu Purbalingga 2009 (foto:tgr/BNC)

Para juara Kakang Mbekayu Purbalingga 2009 (foto:tgr/BNC)

Kepala Disbudparpora, Suyitno menyerahkan tropi dan hadiah uang tuna kepada Kakang Mbekayu (foto:tgr/BNC)

Kepala Disbudparpora, Suyitno menyerahkan tropi dan hadiah uang tuna kepada Kakang Mbekayu (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – R Aditya Primadiyanto (Purbalingga Kidul) dan Putri Amalia Rizkina (Kecamatan Kaligondang), terpilih sebagai Kakang-Mbekayu Duta Wisata Purbalingga tahun 2009. Aditya dan Putri berhasil menyisihkan 56 peserta lainnya dalam ajang grand final pemilihan kakang-mbekayu yang berlangsung di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas Purbayasa, Padamara, Sabtu (3/10).

Dengan terpilihnya Aditya-Putri, keduanya berhak mewakili Purbalingga dalam ajang pemilihan duta wisata Jateng yang akan digelar dalam bulan Oktober ini di Semarang .

Selain menetapkan juara I, dewan juri juga menetapkan juara II, III, Harapan I dan Harapan II masing-masing untuk Kakang dan Mbekayu. Untuk Kakang juara II diraih Andya Yoga Hernawan (Karangreja), juara III (Van Bahagia (Padamara), Harapan I Setia Wardoyo (Rembang), dan Harapan II Hermawan Setyo Widodo (SMAN 1 Purbalingga).

Sedang untuk kategori mbekayu, juara II Eri Septiana (Kemangkon), juara III (Berlina Mahardika Vita (Wirasana Purbalingga), Harapan I Suci Wijayanti (Karangjambu), dan Harapan II Anindita Prima (Kelurahan Mewek).

Juara lainnya yang ditetapkan yakni Duta Favorit Kakang diraih Imam Mustalah (Kutasari), favorit Mbekayu Happy Merdekawati (Padamara). Duta wisata intelegensia Kakang diraih Avika Dias Saputra (SMAN Bobotsari), dan duta intelegensia mbekayu Mayunda Riani (Kecamatan Purbalingga).

Sekda Purbalingga Drs Subeno M, dalam sambutannya mewakili Bupati Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si mengatakan, kegiatan pemilihan kakang mbekayu duta wisata merupakan  sebuah event yang strategis untuk mendapatkan generasi muda terbaik, generasi muda berprestasi yang akan bertugas sebagai duta wisata  khususnya dan duta daerah pada umumnya selama  satu tahun ke depan.

“Keterpilihan seorang kakang dan mbekayu tidak semata-mata karena kecantikan dan ketampanan penampilan luarnya, melainkan karena tingkat intelegensi dan kecerdasan, perilaku dan kepribadian, kematangan emosional, keberanian serta kemapanan hati dan  pikirannya,” kata Subeno.

Subeno juga mengatakan, para peserta kakang mbekayu hendaknya pula dapat mempromosikan rangkaian event gelar budaya dan pariwisata serta Purbalingga Expo dalam rangka peringatan hari jadi Purbalingga ke 179 pada bulan desember mendatang.

Dalam event itu sendiri, lanjut Subeno,  akan ditampilkan aneka gelar seni budaya daerah seperti ujungan, begalan, songgahan, rodad, aplang, dames, festival ebeg dan lengger, festival kenthongan, wayang orang, dan ludruk.  Seni budaya lainnya yang tak kalah menarik dan akan disuguhkan pula yakni wayang kulit, wayang golek, keroncong, campursari, parade band, kirab manggala praja dan berbagai pementasan lainnya yang dikemas dalam ’the amazing of local culture’ .

“Kakang Mbekayu terpilih, maupun peserta Kakang Mbekayu hendaknya dapat turut ambil bagian untuk mempromosikan gelar budaya dan pariwisata, serta Purbalingga Expo yang akan digelar Desember 2009 mendatang,” harap Subeno. (banyumasnews.com/tgr)

8 Responses to "Aditya Prima dan Putri Amalia, Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga"

  1. Ery Septiani  10/10/2009 at 21:40

    bapak sayamo ralat nama untuk juara 2 mbekayu itu bkn Eri Septiana tapi Ery Septiani…. mohon untuk di perhatikan,, terima kasih sebelumnya,, saya aturkan

  2. judgeboy  09/10/2009 at 00:39

    Selamat utk juara I kakang mbekayu purbalingga…, moga menjadi duta wisata utk kota purbalingga perwira yang bisa membawa nama harum kota purbalingga di tingkat daerah maupun nasional. good luck……

  3. Suwartono (dosen UMP)  07/10/2009 at 20:12

    Sudah kuduga. Sangat layak. Moga-moga lebih sukses kedepannya. Jangan lupa pendidikannya dijaga untuk jaminan hari tua.

  4. Suwartono (dosen UMP)  07/10/2009 at 20:08

    Hoping so much you achieve better in the future. But do not forget to keep prioritizing your education for future life. My mobile: 08156993617

  5. R.pitono  06/10/2009 at 09:36

    selamat buat adinda adit dan adinda putri atas terpilihnya sbg kakang dan mbekayu, raih kemenangan dengan sejuta prestasi.tapi inget adik-adiku semua yang di berikan di pundak kalian semata mata adalah bekal dan amanah yg harus di jalankan dengan penuh tanggung jawab. maju terus , jaga harkat dan martabat sbg seorang duta.belajarlah dari suatu pengalaman. yg terpenting buat adik2ku selalu ingat dan berdo’alah kpd yang maha kuasa,

  6. sutjipto kasni  06/10/2009 at 00:57

    Selamat buat Kang Adit sama Mbekayu Putri. Ingatlah ! Kemenangan kalian pada hakekatnya adalah sebuah tanggung jawab yang harus dipikul untuk membawa nama Purbalingga ke kancah yang lebih luas. Lanjutkan !!……..

  7. Furin Nurdianto  05/10/2009 at 10:04

    For Kakang and Mbekayu Purbalingga Regency
    You are the best choise by Judges. To be the best choise for Purbalingga’s society you must give all of your the best.
    Your mind, your spirit, and your body are representation of Purbalingga People.
    There are many jobs for you in 1 year, not only as a Turism Duta, but also you will be give your appreciates for Purbalingga’s People.
    Happy the winners ………………..
    By giving complete each other may you be better used used to be and especially you will be the best for your society.

  8. Yulianto  03/10/2009 at 19:47

    Selamat untuk kakang karo mbekayune… kudu bisa nggawa nama purbalingga sing apik. kanggo dinas terkait, angger bisa kakang mbekayune aja suwe dianggurna… aben ana kegiatan ya dicawel.. kaya kuwe mbok pak kadinas…(pak suyitno apa ya)…

Leave a Reply

Your email address will not be published.