Pesinden Jepang akan manggung di Purworejo

Pesinden Jepang, Nyi_Hiromi Kano (ist/BNC)
Pesinden Jepang, Nyi_Hiromi Kano (ist/BNC)

PURWOREJO – Profesi pesinden ternyata tidak hanya dilakukan oleh warga Indonesia saja. Seorang warga Jepang, Hiromi, gandrung juga dengan profesinya sebagai sinden. Hiromi dijadwalkan akan tampil, Senin (5/10) malam di alun-alun Purworejo dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Purworejo ke 1.108. Hiromi akan tampil bersama Dalang Ki Purbo Asmoro dalam pentas wayang kulit dengan lakon Sumilaking Pedhut ing Astina.

Ketua panitia, Drs Bambang Aryawan MM mengatakan, ditampilkannya pesinden dari Jepang, sebagai pemicu jika sinden tidak saja dikuasai oleh warga Indonesia khususnya Jawa. ”Mestinya kita malu juga, justru yang nguri-nguri budaya Jawa malah warga negara lain. Mudah-mudahan dengan tampilnya pesinden Jepang, kita semakin tergugah untuk menanamkan kembali rasa cinta terhadap warisan adiluhung para leluhur,” kata Bambang, Sabtu (3/10).

Dibagian lain Bambang mengatakan, dipilihnya dalang Ki Purbo Asmoro sebagai dalang pagelaran wayang kulit, dikarenakan seniman tersebut banyak penggemarnya. Selain pernah tampil di istana negara, juga Ki Purbo Asmoro mampu menggugah suasana dengan menggandeng seniman asing dalam pementasan dan guyonannya parikeno. (tgr/BNC)

1 Comment

  1. ala dalah…. wonten nem-neman Jepang purun nyinden…. kedahipun nem-neman asli mriki nggih purun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.