Dewan minta Pemkab Banyumas bijak

Ditulis 02 Okt 2009 - 21:04 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
91
Dalam Tag

logo-dprdPURWOKERTO Terkait banyaknya tentangan dari para PKL akibat rencana relokasi PKL di sepanjang Jl. Jenderal Soedirman, beberapa anggota DPRD Kabupaten Banyumas mulai angkat bicara. Mereka meminta Pemkab untuk lebih bijak menyikapinya jangan sampai para PKL tersebut justru merugi, karena jelas hal tersebut secara tidak langsung menghancurkan ekonomi rakyat.

Hartoyo dari Fraksi Gerindra – Nurani Rakyat berujar bahwa seharusnya Bupati Mardjoko melakukan dialog lebih intensif dengan legislatif dan PKL . Mereka diajak bicara dan bersama-sama mencari solusi yang terbaik yang didasari untuk kepentingan masyarakat luas.

Masalah relokasi PKL seharusnya Pemkab lebih bijak, kalau memang di tempat baru kurang laku ya pemkab harus memberikan alternatif tempat yang lebih baik, karena masalah ini menyangkut kepentingan umum” ungkap Hartoyo Kamis (02/10)

Senada dengan Hartoyo, Setya A. Nugroho Sekretaris F – PKS menuturkan bahwa tempat baru yang disediakan Pemkab bukan saja mempunyai nilai pasar dan ekonomis yang baik tapi juga harus sifatnya memberdayakan. Setya menganggap Pemkab tidak memperdulikan hal tersebut, dan inilah yang kemudian menjadi penyebab mengapa permasalahan PKL di Banyumas belum juga selesai hingga kini.

Setya menuturkan salah satu cara yang bisa ditempuh Pemkab adalah dengan melakukan rekayasa pasar seperti yang dilakukan di Purbalingga dan Solo. Di kota tersebut PKL bukan hanya dibina melainkan juga ditempatkan di wilayah strategis layaknya tempat wisata.

Pemerintah Kabupaten Banyumas diminta untuk tidak tutup mata terhadap keluhan – keluhan PKL. Diharapkan pembangunan ekonomi bukan hanya terjadi pada sektor makro saja tetapi juga hingga sektor mikro karena memang masyarakat kita kebanyakan bergerak di wilayah ekonomi mikro. PKL adalah pahlawan daerah yang usahanya ditopang dengan modal sendiri untuk itu sudah seharusnya Pemkab melindungi keberadaannya (cit/BNC).


Tentang Penulis

Leave A Response