Mahasiswa Elektro Unsoed akan adakan seminar nasional ‘network security’

Ditulis 01 Okt 2009 - 20:44 oleh Banyumas1

PURWOKERTO-Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Fakultas Teknik Unsoed Purwokerto akan mangadakan seminar tentang keamanan jaringan computer dengan tema “SECURING YOUR PRIVATE INFORMATION”, pada hari Sabtu, 17 Oktober 2009.10634_302621255376_877670376_9127831_7332064_n

Berdasarkan release yang diterima BanyumasNews.Com (BNC), seminar akan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang ini yaitu Heru Sutadi (BRTI), Josua M Sinambela(founder and senior consultant and trainer dari rootbrain.com) dan Dedi Dwianto (echo.or.id).

Menurut ketua panitia seminar, Besi Bestari Abror, masalah di dalam suatu jaringan computer begitu komplek, namun belum banyak yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang keamanan jaringan (network security). “Sehingga Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) tergerak untuk mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan network security, yang diharapkan dapat membantu mengembangkan pengetahuan tentang network security dan dapat mengatasi masalah yang timbul dalam network security”, lanjt Besi.

Seminar akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi keamanan jaringan, seperti  faktor Confidentiality (kerahasiaan), Integrity (integritas), dan Availability (ketersediaan), dimana keamanan klasik penting ini tidak cukup untuk mencakup semua aspek dari keamanan jaringan komputer pada masa sekarang.

Hal-hal tersebut semestinya dapat dikombinasikan lagi oleh beberapa hal penting lainnya yang dapat membuat keamanan jaringan komputer dapat ditingkatkan lagi dengan mengikut sertakan Nonrepudiation (proteksi dari penyangkalan), Authenticity (keaslian), Possession (milik), dan Utility (kegunaan).

Jaringan komputer modern adalah entitas dari banyak komponen kecil. Beberapa titik lemah dari komponen yang berbeda, antara lain Weak protocols (protokol yang lemah), Software issue (masalah perangkat lunak), Buffer overflow, Format string, Hardware issue (masalah perangkat keras), Misconfiguration (konfigurasi yang salah), DoS, DdoS, Viruses (virus), Worms, Trojan horse, junk mail (surat sampah), Time bomb (bom waktu).

Semua hal tersebut akan dibahas tuntas dalam seminar nasional ini, dan layak diikuti oleh intansi pemerintah, perusahaan umum/swasta, mahasiswa/pelajar, dan masyarakat umum peminat IT.

WAKTU PELAKSANAAN

Hari/ Tanggal                 : Sabtu/ 17 Oktober 2009

Waktu                           : 07.00 – selesai

Tempat                         : Gedung Roediro UNSOED

Peserta                          : Mahasiswa dan Umum

Jumlah Peserta               : 340 orang

Biaya Pendaftaran           : Rp. 35.000,00 (Pelajar)

Rp. 40.000,00 (Mahasiswa)

Rp. 75.000,00 (Instansi / Umum)

BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan ini adalah seminar yang membahas mengenai Security Networking, Hacker, dll.

PEMBICARA

– Heru Sutadi (BRTI)*

– Josua M Sinambela(founder dan senior consutanr rootbrain.com

– Dedi Dwianto (echo.or.id)

Untuk informasi dan reservasi dapat menghubungi panitia seminar di HP 081327357915. (ist/BNC)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. mrb@mb 02/10/2009 pukul 08:15 -

    bagi bagi ilmu bagus nih kalo bisa guru TIk SMA/K Di Undang dong Biar tambah ilmu dang bisa sharing dgn anak-anak didik ——thanks

  2. ridlo 01/10/2009 pukul 21:16 -

    wah bagus tuh…. gak berat juga di-kantong. Tks info-nya banyumasnews.com..

Leave A Response