HS makin menguat, arus bawah PDIP mendukung

Ditulis 30 Sep 2009 - 21:31 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Meski sudah mulai muncul sejumlah nama bakal calon bupati Purbalingga periode 2010 – 2015, arus bawah PDI Perjuangan cenderung untuk  mendukung pencalonan Heru Sudjatmoko (HS) yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Purbalingga mendampingi Triyono. Kecenderungan ini menyusul statemen Bupati Triyono yang menyatakan tidak ada dari keluarganya yang akan berlaga memperebutkan kursi bupati atupun wakil bupati.

Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC ) PDIP Purbalingga H M Ichwan SH mengatakan, pihaknya menerima masukan dan usulan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) dan ranting yang menyatakan dukungannya untuk pencalonan Heru. “Kami sebagai pengurus di kabupaten tak bisa menutup mata terhadap aspirasi itu,” kata Ichwan, Rabu (30/9).

Dikatakan Ichwan, jajaran DPC PDIP juga telah melakukan rapat internal guna membahas aspirasi yang masuk itu. Dari hasil pertemuan tersebut memang ada kecenderungan bahwa DPC akan menindaklanjuti aspirasi arus bawah. Rencananya pada Jum’at (2/10) pengurus DPC kembali akan melakukan pertemuan guna mematangkan pencalonan terhadap Heru. “Jika sudah final akan kita sampaikan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jateng dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” jelasnya.

Ketika disinggung bahwa PDIP dianggap terlambat terkait dukungan kepada Heru, Ichwan membantahnya. Menurutnya PDIP memang memiliki mekanisme internal yang harus dijalankan dalam proses penentuan nama cabup. Sehingga perlu penyerapan aspirasi dari bawah. Nantinya DPC juga akan melaksanakan Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) untuk menjaring nama-nama cabup yang akan diusung. “Nantinya jika memang Heru didukung arus bawah maka namanya akan mendapatkan dukungan mutlak. Kita tinggal mengirimkannya kepada DPP melalui DPD untuk diberikan rekomendasi,” ujar Ichwan.

Ichwan juga menegaskan bahwa saat menjadi wabup berpasangan dengan bupati Triyono Budi Sasongko di Pilkada 2005 lalu,Heru juga diusung oleh PDIP yang berkoalisi dengan partai Islam. Sehingga jika maju untuk njago bupati di Pilkada 2010 tentu saja Heru tak akan meninggalkan PDIP. “Karena sudah ada komitmen, terutama juga untuk meneruskan kepemimpinan bupati Triyono Budi Sasongko,” tambah Ichwan.

Dengan kecenderungan arus bawah PDIP mengusung HS, berarti posisi HS untuk sementara semakin menguat. Sebelumnya Partai Demokrat juga memberikan sinyal akan mengusung HS sebagai calon bupati. Namun Demokrat belum menentukan siapa calon pendamping HS (banyumasnews.com/tgr)

Wabup Purbalingga Heru Sujatmiko

Wabup Purbalingga Heru Sujatmiko

Tentang Penulis

Leave A Response