44 peserta siap ikuti pemilihan Kakang-Mbekayu Purbalingga

Ditulis 29 Sep 2009 - 15:10 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Sebanyak 44 peserta yang terdiri dari 23 putri dan 21 putra akan berlaga pada ajang pemilihan Kakang-Mbekayu duta wisata Purbalingga. Rangkaian seleksi akan dimulai, Kamis (1/10) dan grand final akan berlangsung Sabtu (3/10) siang di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas, Purbayasa.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Drs Suyitno, diselaa-sela rapat persiapan pemilihan Kakang-Mbekayu, Selasa (29/9) mengatakan, rangkaian seleksi akan dimulai dengan technical meeting pada Kamis (1/10). Kemudian, pada tanggal 2 Oktober diadakan tes tertulis meliputi pengetahuan umum, budaya Jawa, bahasa Inggris, dan wawancara. Pelaksanaan tes dilakukan di aula Disbudparpora Jalan Piere Tendean.

“Sore harinya dilanjutkan dengan gladi bersih pemilihan Kakang Mbekayu di Taman wisata pendidikan Purbasari Pancuranmas. Dan pada Sabtu pagi, (3/10) digelar Grand final-nya,” kata Suyitno.

Suyitno yang didampingi Kabid Pariwisata Drs Sutjipto mengatakan, ajang pemilihan Kakang-Mbekayu kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu, grand final selalu diadakan pada malam hari, untuk kali ini digelar siang hari. Hal ini sekaligus sebagai upaya mempromosikan aset wisata Purbalingga yang tak kalah menarik yakni Purbasari Pancuranmas. “Tahun lalu, sempat kami gelar di obyek wisata air Bojongsari (Owabong), kali ini giliran di Purbasari Pancuranmas,” kata Suyitno.

Dalam pemilihan Kakang-Mbekayu, akan dipilih juara I, II, dan III, Harapan I dan II. Kemudian dipilih juara favorit, juara intelegensia, danjuara fotogenik masing-masing untuk kakang-mbekayu. “Untuk dewan juri, berasal dari juri lokal Purbalingga dan dari Provinsi Jateng,” kata Suyitno.

Suyitno menambahkan, untukmenarik suporter dan pengunjung, pada hari bersamaan pelaksanaan grand final juga digelar pameran tanaman hias dan cinderamata. “Penonton selain bisa menikmati ajang pemilihan Kakang-Mbekayu, juga dapat menikmati berbagai wahana wisata yang ada dan juga pameran tanaman hias serta cinderamata,”tambah Suyitno (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response