Pertapa ditemukan tinggal tulang belulang

Sesosok mayat yang sebagian sudah tinggal tulang-belulang ditemukan di sekitar hutan wilayah Desa Palumbungan Wetan Bobotsari Purbalingga. Kondisi tubuh tinggal tulang tengkorak wajah, serta sulit dikenali. Daging tubuh sebagian hilang dan sisanya mengering serta bau menyengat.
Polisi menduga mayat diperkirakan laki-laki usia 40 tahun dan sudah meninggal beberapa hari sebelumnya. Dari hasil pemeriksaan sementara kepolisian, tidak ditemukan bekas penganiayaan atau kekerasan.
“Kondisi mayat saat ditemukan menggunakan celana panjang jeans warna biru dan telanjang dada. Mayat menggunakan baju coklat kotak-kotak dan celana pendek sebagai bantal. Posisi mayat seperti orang kedinginan dengan kedua tangan menutupi kedua kuping dan miring ke samping,” ujar Kapolres Purbalingga AKBP Ruslan Efendi didampingi Kasatreskrim AKP Mugiman, seusai melakukan pengambilan jasad Senin (13/07).
Mayat pertama kali ditemukan warga setempat pada Minggu (12/7) siang kemarin dan dilaporkan ke Polsek Bobotsari sekitar pukul 17.00. Lokasi penemuan di hutan pinus milik perhutani petak 15 D, Palumbungan Wetan, atau di gunung Tukung. Masyarakat mengatakan sebelah timur pengunungan Kelir wilayah setempat.
Empat warga yang menemukan pertama kali keseluruhan warga Palumbungan Wetan RT 2RW 2. Masing-masing adalah Mad Sakhih (35), Sodikun (45), Muksoni (35) dan Dasimun (36). Keseharian mereka berburu binatang dan burung.
Polisi menduga mayat meninggal karena kondisi alam dan bukan dibunuh. Bahkan sejumlah warga mengatakan, kemungkinan orang itu akan melakukan ritual semedi (bertapa) sekitar puluhan meter dari lokasi ditemukan. Tengkorak kepala masih dihiasi rambut panjang dengan gigi bagian atas sudah tidak ada.
Sementara menurut warga ada lokasi pertapaan tunggul wulung yang menurut versi warga sering digunakan orang dari mana saja. Lokasi itu didatangi orang pada hari Kamis, Jumat, dan Rabu. Diduga korban akan melakukan ritual dan kondisinya lemah.
Medan yang sulit menjadikan jajaran kepolisian resort (Polres) Purbalingga beserta jajarannya serta warga melakukan pengambilan mayat pada Senin pagi. Jasad berhasil dibawa turun ke Bobotsari dan kamar mayat RSUD Purbalingga. (banyumasnews.com/pyt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.