Kera Gunung Selok turun kampung,warga Adipala resah

Ditulis 28 Sep 2009 - 18:55 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
239
Dalam Tag

CILACAP

Puluhan kera ini tak tanggung tanggung masuk rumah warga (foto:tin/BNC)

Puluhan kera ini tak tanggung tanggung masuk rumah warga (foto:tin/BNC)

Buah kelapa, menjadi sasaran hewan lucu ini (foto:tin/BNC)

Buah kelapa, menjadi sasaran hewan lucu ini (foto:tin/BNC)

-Dalam sepekan ini puluhan kawanan Kera membuat warga Desa Karangbenda Kecamatan Adipala Cilacap resah. Pasalnya kera yang berada di Gunung Selok itu mulai turun kampung dan sering merusak tanaman warga.

Kera kera tersebut turun ke ampung karena musim kemarau yang membuat persediaan makanan kera dari tanaman liar mulai berkurang.” Kalau musim kemarau seperti ini ya monyet itu turun gunung untuk mencari makan. Biasanya kawanan kera ini mencuri tanaman ketela pohon milik warga atau tanaman lainnya.Bahkan kadang mencuri makanan di dapur,” ujar Sukiman, warga yang tinggal di sekitar Gunung Selok.

Tanaman yang dicuri biasanya ketela pohon,pisang dan kelapa milik petani. Saat turun gunung kera ini berkelompok antara 15 hingga 20 ekor. Hewan ini cerdik, karena datang pada siang hari saat keadaan sepi.

Wahid (37), salah seorang warga mengaku pernah berhasil menangkap anak-anak kera yang kebetulan lepas dari kawanannya untuk kemudian dipelihara di rumah.” Ada juga yang menangkap anak kera kemudian di jual kepada warga yang ingin memelihara kera. Hal itu memang bisa sedikit mengurangi perkembangbiakan kera yang dulu pernah hampir punah saat penggundulan hutan Gunung Selok tahun 1998, ” tutur Wahid.

Sebenarnya kawanan kera-kera itu bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan. Namun rupanya pemerintah kurang tanggap memanfaatkan stwa liar tersebut, sehingga lokasi Gunung Selok menjadi obyek wisata yang monoton (banyumasnews.com/tin)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. anto 06/11/2011 pukul 21:18 -

    walah andaikan aku orang kaya kera di gunung selok pasti tak pelihara tak jadikan cagar alam bekerja sama dengan perhutani hehehehehehehee….. pemda cilacap tak sedikitpun ingin membangun postensi yang ada di gunung selok padahal jika di bandingkan dengan tempat pariwisata lain di cilacap gunung selok pastilah yang terbaik juga kasihan jika kera asli gunung selok harus punag wahai para pemimpin cilacap buklah hatimu

  2. wawan 02/05/2011 pukul 10:51 -

    kepada pemkab cilacap khususnya mohon terus pantau perkembangan wahana wisata alam selok sebab sekarang banyak sekali penambangan di bibir pantai sebab ini akan merusak pemandangan pantai selok teriakasih…..

Leave A Response