47 orang tewas di Jateng selama arus mudik

Ditulis 28 Sep 2009 - 01:24 oleh Banyumas1

Kapolda Jateng Irjen Pol Bambang Alex Riatmojo

Kapolda Jateng Irjen Pol Bambang Alex Riatmojo

PATI – Selama arus mudik di wilayah hukum Polda Jateng, tercatat ada 47 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini terbilang masih tinggi, meski mengalami penurunan jika dibanding mudik tahun 2008 silam.

Kapolda Jateng Irjen Alex Bambang Riatmodjo mengatakan, data korban meninggal tersebut dicatat selama kurun waktu 13 hari hingga hari Sabtu (26/9). Jumlah ini menurun jika dibanding tahun 2008 lalu yang tercatat ada 86 korban meninggal.

“Tidak hanya jumlah korban yang meninggal, total peristiwa kecelakaan lalu lintas tahun ini juga mengalami penurunan. Tahun 2008 lalu tercatat  340 kasus kecelakaan, sedang pada mudik kali ini hanya 167 kasus,“ kata Kapolda Jateng ketika memantau Pos pengamanan (Pospam) lebaran Kecamatan Batangan Kabupaten Pati (Jateng), Minggu (27/9).

Untuk korban luka berat dan ringat, jelas Kapolda, juga mengalami penurunan. Tercatat hanya ada 32 korban lakalantas yang mengalami luka, baik berat maupun ringan. Jumlah tersebut jauh lebih kecil dibandingkan data tahun lalu yang mencatat 109 korban luka.

”Perbandingan jumlah korban tewas, korban luka, dan jumlah kasus kecelakaan rata-rata hampir 50 persen dibanding tahun sebelumnya.  Hal ini menunjukkan meningkatnya kesadaran pengguna jalan dalam berlalu lintas, dan juga dukungan sarana prasarana jalan yang semakin baik,” kata Kapolda. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response