Tiga penambang emas tertimbun tanah, satu tewas

Ditulis 28 Sep 2009 - 00:55 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
195
Dalam Tag

BANYUMAS-Tiga penambang emasĀ  di Desa Gancang Kecamatan Gumelar Banyumas Minggu (27/09) siang tertimbun tanah saat melakukan penggalian. Satu orang tewas, sementara dua lainya berhasil diselamatkan

Peristiwa tragis ini menimpa tiga penambang emas warga desa Gancang Kecamatan Gumelar. Mereka yang tengah asyik menggali lubang untuk mendapatkan emas tiba tiba tanah yang berada diatasnya ambruk.

Satu penambang tewas karena terjebak di dalam lubang, sementara dua penambang lainnya berhasil diselamatkan warga, karena hanya tertimbun sebatas dada. Kematian penambang emas liar ini disambut tangis histeris pihak keluarga.

Sejumlah saksi mata menuturkan, saat ketiga penambang emas masing masing Kusman (40), Kustam (43) dan Rohman (32) warga Gancang Gumelar berada di bawah, mendadak tanah diatas mereka ambrol. Kustam dan Rohman yang mash berada di pintu lubang tetimbun hingga sebatas dada. Sementara Kusman yang berada paling bawah, terjebak di dalam lubang galian yang langsung tertutup tanah.

Polisi kini masih melakukan penyelidikan penyebab ambrolnya tanah yang menewaskan penambang emas tersebut. Polisi juga mengumpulkan sejumlah barang bukti berupa pakaian korban, dan mesin penyedot air.

Penambangan emas secara liar di wilayah Kecamatan Gumelar kini makin marak. Meski begitu belum ada upaya apapun dari dinas terkait untuk mengatasi maraknya penambangan emas di wilayah tersebut (banyumasnews.com/n-1).

Lokasi penambangan di Gancang Gumelar yang menewaskan Kusman (foto:n-1/BNC)

Lokasi penambangan di Gancang Gumelar yang menewaskan Kusman (foto:n-1/BNC)

Mayat Kusman usai diangkat dari lubang penambangan (foto:n-1/BNC)

Mayat Kusman usai diangkat dari lubang penambangan (foto:n-1/BNC)

Kusman (40),warga yang harus jadi korban penambangan liar (foto:n-1/BNC)

Kusman (40),warga yang harus jadi korban penambangan liar (foto:n-1/BNC)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Raden Pucuk Pinus 28/09/2009 pukul 13:13 -

    Dimohon dengan hormat agar pihak terkait dapat menertiban penambang liar yang ada di kecamatan gumelar, Bukan hanya keuntungan 1 pihak tapi jg bisa menjadi pendapatan daerah banyumas dan kecamatan gumelar khususnya untuk kemakmuran rakyat. Terima kasih

Leave A Response