Penumpang KA di satasiun Purwokerto tidak terangkut

Ditulis 27 Sep 2009 - 09:31 oleh Banyumas1

PURWOKERTO Grafik jumlah pemudik yang menggunakan kereta api di stasiun Purwokerto Daop V terus meningkat sejak H + 1. Loket loket karcis yang menjual tiket baik untuk kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dipenuhi sesak para calon penumpang. Mereka berdesak-desakan guna mendapatkan tiket untuk bisa pulang ke rumah masing-masing. Pada umumnya tujuan akhir mereka adalah Jakarta. Seperti yang terlihat pada Sabtu malam (26/9) hingga Minggu. Para penumpang yang hendak ke Jakarta baik kelas ekonomi maupun bisnis mulai memadati stasiun Purwokerto sejak sore hari, meskipun kereta yang akan mereka naiki yakni KA Purwojaya dan KA Kutojaya baru akan tiba sekitar pukul 08.20 WIB dan pukul 08.35 WIB.

Ketika KA Purwojaya datang langsung diserbu oleh para penumpang, mereka secepat mungkin berebut masuk, was-was jikalau tempat mereka diserobot oleh penumpang lain. Untuk malam hari ini jumlah penumpang KA Purwojaya dari stasiun Purwokerto berjumlah sebanyak 826 penumpang. 30 orang penumpang diantaranya dipastikan tidak mendapatkan tempat duduk.“Pihak kami sudah memberitahu bahwa kereta api penuh, namun mereka tetap memaksa untuk bisa membeli karcis meskipun harus berdiri” ujar Dadang P, Humas Stasiun Kereta Api Purwokerto Daop V.

Hal tersebut juga terjadi ketika KA Kutojaya datang dimana para penumpang berebut masuk, agar bisa terangkut. Semua bagian dari KA Kutojaya penuh terisi dari pintu masuk hingga toilet dan bagasi. Akibatnya banyak dari penumpang yang tidak terangkut.

Dewi (20) penumpang dengan tujuan pasar senen mengaku Ia bersama 4 orang keluarganya tidak mendapatkan tempat karena kereta sudah penuh. “Mau masuk saja sudah susah, semua tempat tidak ada yang kosong, bahkan di jalan-jalannya, jadi lebih baik kita tunggu kereta berikutnya” tutur Dewi.

Menurut Dadang bagi penumpang yang tidak terangkut, maka bisa menaiki kereta api berikutnya karena karcis kereta api tersebut berlaku untuk 4 kereta api. Diprediksi lonjakan pemudik akan terus terjadi hingga besok minggu malam(27/9) (banyumasnews.com/cit)

Banyaknya penumpang membuat sebagian penumpang harus rela berdiri (foto:cit/BNC)

Banyaknya penumpang membuat sebagian penumpang harus rela berdiri (foto:cit/BNC)

Para penumpang berjejal mengantre tiket di loket (foto:cit/BNC)

Para penumpang berjejal mengantre tiket di loket (foto:cit/BNC)

Para penumpang tertidur kelelahan dan memanfaatkan jalan-jalan di gerbong untuk duduk, istirahat dan tidur (foto:cit/BNC)

Para penumpang tertidur kelelahan dan memanfaatkan jalan-jalan di gerbong untuk duduk, istirahat dan tidur (foto:cit/BNC)

.

Tentang Penulis

Leave A Response