Baasyir dilarang pimpin doa pemakaman Urwah

KUDUS – Ustad Abu bakar Baasyir dilarang memimpin doa pemakaman jenazah Bagus Budi Pranoto alias Urwah, salah satu teroris yang tewas di Solo. Larangan Baasyir sebagai salah satu syarat, jika Urwah akan tetap dimakamkan di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kudus (Jateng).

Selain Baasyir, syarat lain yang diminta oleh warga yakni tidak ada penyambutan terhadap Urwah sebagai pahlawan mujahir, serta tidak ada pengerahan massa dari Fron Pembela Islam (FPI).

Kepala Desa Mijen Sujono mengungkapkan, sebelumnya warga memang masih bersikeras menolak jenazah Urwah ke Kudus. Apalagi, status Urwah sendiri saat ini sudah bukan warga Desa Mijen lagi karena sudah pindah ke Solo karena menikah. Namun, dalam mediasi yang dilakukan, Sabtu (26/9), pihak keluarga memohon dengan sangat agar Urwah bisa dimakamkan di tempat kelahirannya. Keluarga pun menyadari dan meminta maaf jika perbuatan Urwah semasa hidupnya tidak berkenan di hati warga. ”Dengan dasar tersebut, warga akhirnya menerima  dengan sejumlah syarat,” kata Sujono.

Menurut Sujono, beberapa syarat tersebut diantaranya dalam prosesi pemakaman nanti, jenazah tidak boleh disambut bak pahlawan Mujahid. Proses pemakaman pun harus sebagaimana prosesi pemakaman warga desa lain.

Sujono juga mengungkapkan, keluarga untuk  tidak mendatangkan Ustad Abu bakar Baasyir maupun massa Front Pembela Islam (FPI) dalam pemakaman tersebut. Kalaupun mereka hadir, Baasyir dilarang memimpin prosesi maupun memberi sambutan. Kedatangan mereka harus sebagaimana pelayat lainnya. ”Untuk proses pemakaman, akan dilakukan oleh perangkat desa dengan menggunakan Modin dari desa,” kata Sujono.

Sujono menambahkan, untuk tempat pemakaman sudah disiapkan yakni di pemakaman Bulu, tak jauh dari kediaman orang tua Urwah. Hanya saja, untuk penggalian liang lahat masih menunggu kabar terakhir dari Jakarta. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.