Jelang penerimaan CPNS, kartu kuning laris manis

PURWOKERTO – Permintaan akan pembuatan kartu kuning guna mencari kerja mengalami peningkatan yang signifikan. Sejak tanggal 14 September hingga hari ini (26/9) tercatat sudah 600 buah kartu kuning yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas.

“Bila pada hari biasa kita hanya membuat paling banyak 50 buah tapi sebelum Lebaran hingga hari ini (26/9) permintaan mencapai 2 bahkan 3 kali lipat, kemarin saja kita memngeluarkan 102 kartu kuning” terang Budi, SE Kabid Perluasan Penempatan Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas.

Pada umumnya para pembuat kartu kuning mengatakan bahwa mereka membuat kartu kuning guna mempersiapkan diri untuk melamar CPNS dan juga untuk merantau ke Jakarta. Beberapa departemen di Jakarta menurut Budi sudah mulai membuka lowongan CPNS seperti di Departemen PU, Kantor POS, Depnakertrans dan lain sebagainya.

Dina (23) warga Sumpiuh mengungkapkan dirinya membuat buat kartu kuning guna keperluan melamar menjadi PNS. “Sebelum dibuka, kita persiapkan memang dari sekarang, kalau besok-besok ketika lowongan CPNS dibuka pasti disini lebih berjubel” terang Dina.

Budi mengatakan bahwa pihaknya sudah memprediksi hal tersebut, karena kejadian ini hampir tiap tahun berulang dimana sebelum dan sesudah Lebaran permintaan akan kartu kuning akan meningkat. Langkah antisipatif yang dilakukan Disnakertrans Kabupaten Banyumas antara lain dengan meperbanyak stok kartu kuning, dan menginstruksikan para pejabat strukturak untuk standby di kantor. “Kami tidak ingin mengecewakan para pencari kerja, sebisa mungkin kita bantu mereka dengan memberi pelayanan yang baik dan cepat, asal syaratnya dilengkapi” tandas Budi ketika ditemui di kantornya pagi (26/9) tadi (banyumasnews.com./cit)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.