Wage MAg ceramah di Pekuncen

Ditulis 24 Sep 2009 - 18:19 oleh Banyumas1

PEKUNCEN – Remaja masjid (remas) Nur Alhuda Desa Kranggan Kecamatan Pekuncen menyelenggarakan silaturahmi antar warga sekitar, berlangsung pada Kamis siang (24/9) di halaman masjid Nur Al Huda 2.

Ceramah hikmah silaturahmi disampaikan Wage MAg, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam tausiyahnya, Wage menjelaskan tentang nilai-nilai Ramadhah yang harus dijadikan pijakan beramal ibadah secara berkelanjutan.

“Bermacam amal ibadah di bulan Ramadhan yang harus dijadikan rujukan dalam ibadah dan bermuamalah paskaramadhan. Seperti kebiasaaan shalat jamaah itu mengandung nilai sosial agar kebiasaan bergotong royong akan meringankan segala pekerjaan yang sangat berat sekalipun,” kata Wage.

Dijelaskan, banyak orang Islam yang mampu menjalankan puasa selama sebulan penuh, tetapi ketika setelah bulan Ramadhan berlalu, dia tidak sanggup menjalankan puasa sunah meskipun hanya sehari. Begitu juga kebiasaan shalat tarawih yang mampu dilaksanakn selama bulan Ramadhan namun setelahnya banyak orang Islam yang malas bangun pagi apalagi menjalankan shalat tahajud.

Hal itu dikarenakan, kata Wage, adanya kesungguhan dan niat yang kuat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan sehingga menjadi kekuatan fikiran. “Sedangkan kekuatan fikiran itu akan mampu mengalahkan kekuatan fisik,” paparnya.

Menurut Abdul Manaf, selaku pengurus masjid, silaturahmi tidak hanya untuk jamah masjid setempat teapi juga dihadiri lurah dan kaum muslimin dari tetanga desa seperti Pekuncen dan Krajan. (banyumasnews.com/ham)

Ceramah san Silaturahmi di Masjid Pekuncen (foto:n-1/BNC)

Ceramah san Silaturahmi di Masjid Pekuncen (foto:n-1/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response