Diancam 15 tahun, berkas Syekh Puji dilimpahkan ke PN Ungaran

Ditulis 24 Sep 2009 - 11:03 oleh Banyumas1

SEMARANG – Pujiono Cahyo Widianto alias Syeh Puji  sebentar lagi akan duduk sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Ungaran. Pasalnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah akan segera melimpahkan berkas perkara pengusaha kaya itu pada hari Kamis (24/9)  ini atau paling lambat Jumat (25/9) besok.

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jateng Monang Pardede, Kamis (24/9) mengemukakan, surat dakwaan atas diri terdakwa Pujiono Cahyo Widianto alias Syeh Puji  sudah jadi. ”Jadi, begitu masuk kerja hari pertama setelah libur lebaran,  langsung kita limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Ungaran untuk segera disidangkan. Pokoknya pekan ini lah,”  ujar Monang Pardede.

Sebenarnya, lanjut Monang Pardede,  surat dakwaan atas diri Syeh Puji sudah selesai disusun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelum Lebaran. Namun karena adanya alasan tertentu, berkas tersebut masih belum bisa dilimpahkan dan masa penahanan Syeh Puji terpaksa diperpanjang. Ditambah dua hari sebelum Lebaran jajaran korps kejaksaan sudah libur sehingga pelimpahan berkas tersebut ke pengadilan juga ikut tertunda.

Syeh Puji dijerat pasal berlapis yakni pasal 82 dan pasal 88 UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan pasal 290 ayat ke-2 KUHP. Ancaman hukumannya, bila dalam persidangan terbukti melanggar pasal 82 UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, maka Syeh Puji bisa dikenai pidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan paling singkat 3 tahun dan denda paling banyak Rp 300.000.000 dan paling sedikit Rp 60.000.000.

Soal kapan kepastian sidang perdana,  Monang menyerahkan waktunya ke PN Ungaran. ”Itu terserah PN Ungaran . Naun biasanya, sepekan setela berkas dilimpahkan, segera ke luar jadwal persidangan. Kita tunggu saja,” ujarnya.

Monang juga mengatakan, beberapa hari sebelum lebaran,  Syeh Puji lewat pengacaranya  mengajukan surat penangguhan penahanan. Namun permintaan tersebut tidak ditanggapi oleh Kejati Jateng. Sebab satu hari sesudah surat itu sampai, Kejati Jateng

Syeh Puji saat ini masih menjadi tahanan Kejati Jateng. Syeh Puji ditahan oleh Kejati selama 20 hari mulai tanggal 25 Agustus lalu hingga 13 September. Namun karena  dakwaan Jaksa Penuntut Umum  belum selesai,  penahanan pengusaha kontroversial itu diperpanjang  lagi hingga 30 hari mendatang. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response