Terminal Banjarnegara overload, puluhan bus tak tertampung

Ditulis 23 Sep 2009 - 18:11 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Akibat sempitnya areal parkir terminal bus/mikrobus Banjarnegara dan membludaknya arus mudik, terminal bus Banjarnegara overload. Puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tak tertampung dan terpaksa harus diparkir dijalan sekitar terminal. Kondisi ini jelas mengakibatkan jalanan menjadi macet karena sempitnya ruas jalan.

Kepala Dishubkominfo Banjarnegara Setiawan, Rabu (23/9) mengatakan, tidak tertampungnya puluhan bus AKAP karena jumlah armada yang tidak sebanding dengan luasan terminal. “Kapasaitas terminal Banjarnegara sangat terbatas, apalagi saat lebaran ini. Kami akui, pada hari-hari biasa saja sering kali bus-bus besar tidak bisa tertampung di dalam terminal,” kata Setiawan.

Setiawan menampik jika bus-bus yang tidak bisa masuk terminal akibat kesemrawutan petugas terminal. ”Petugas kami sudah bekerja sesuai standar. Misalnya untuk mengatasi penumpukan bus dan antisipasi terjadinya kemacetan, petugas terminal membuat time table atau waktu gilir terhadap bus. Tidak tertampungnya bus semata karena luasan terminal yang sempit,” kata Setiawan.

Setiawan menambahkan, untuk mengatasi persoalan sempitnya luasan terminal, pihak Pemkab saat ini tengah membangun terminal baru. Diharapkan pembangunan terminal akan selesai pada Desember 2009 ini. ”Lebaran tahun depan, bus-bus besar akan bisa tertampung karena terminal yang tengah dibangun sudah disesuaikan dengan perkembangan yang ada, termasuk jumlah bus yang masuk terminal,” kata Setiawan. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response