Petani merugi, harga tomat hancur

Ditulis 23 Sep 2009 - 17:56 oleh Banyumas1
pembeli memborong tomat di pasar Kutabawa (foto:tgr/BNC)

pembeli memborong tomat di pasar Kutabawa (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Petani tanaman hortikulturan khususnya tomat di Desa Serang dan Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, harus menelan pil pahit dalam lebarn kali ini. Harga tomat menjelang lebaran dan sesudahnya justru hancur. Hal ini berbeda jauh dengan lebaran tahun lalu, petani meneguk keuntungan besar ketika panen raya buah tomat.

Marhadi (54), salah seorang petani tomat di Dukuh Kaliurip, Desa Serang mengungkapkan, harga tomat ditingkat petani kini hanya berkisar antara Rp 800 – Rp. 1.000 per kilonya. Jika dihitung dengan ongkos budidaya seperti menggarap lahan, beli bibit, pupuk, perawatan dan pemanenan, sangat tidak bisa menutup. “Harga jual jelas sudah tidak seimbang dengan ongkos budidaya. Kalau tidak dipanen, kerugian kami justru makin menumpuk,” ujar Marhadi yang ditemui banyumasnews.com, Rabu (23/9).

Menurut perhitungan Marhadi, dua bulan sebelum lebaran, para petani yang semula menanam kobis ataupun bawang daun, mencoba membudidayakan tomat. Perhitungannya, harga tomat akan mampu melambung seperti pada lebaran sebelumnya. Namun, apa mau dikata, harga justru malah jatuh. “Lebaran lalu, saya masih ingat bisa menjual tomat per kilonya hingga Rp 5.000 – Rp 6.000,- . Namun, kali ini harga Rp 1.000 saja sudah berat,” ungkap Marhadi yang membudidayakan tomat seluas 0,5 hektar.

Sementara itu, sejumlah pedagang di Sub Terminal Agribisnis (STA) Kutabawa di Desa Kutabawa yang ditemui terpisah mengungkapkan kekecewaannya. Pedagang tidak bisa meneguk keuntungan akibat harga tomat yang anjlog hingga akhir lebaran. Pedagang bahkan sempat mengobral harga sama dengan ketika membeli agar tidak merugi.

Mas, tomate diborongi mawon mriki. Regane bobor. (Mas, mau borong tomat. Harganya sudah turun),” kata Ny Saminah, salah seorang pedagang menawarkan dagangannya kepada Banyumasnews.com. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. novi marieska 22/09/2010 pukul 11:45 -

    kalau mau harganya tinggi panennya harus dibulan 12

  2. UUN 21/11/2009 pukul 15:36 -

    Mas,
    Punya historis dan trend harga tomat, sy mau nanam kira kira harga tertinggi di bulan apa ya..
    tks

Leave A Response