Rumah bekas persembunyian teroris Ibrohim selesai direnovasi

Ditulis 22 Sep 2009 - 20:05 oleh Banyumas1

TEMANGGUNG – Rumah bekas tempat persembunyian teroris Ibrohim alias Boim yang terlibat dalam pengeboman JW Marriot dan Ritz Carlton di Dusun Beji, Desa/Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, selesai direnovasi. Rumah milik Muhamad Zahri (70)  itu dibangun kembali atas biaya dari Mabes Polri. Kini rumah tersebut tampak lebih baru dibanding rumah awal sebelum dihujani peluru dan bom pelontar.

Pada Idul Fitri ini, Muh Zahri bersama istrinya Ny Endang sudah menempati rumahnya. Rumah yang telah menjadi saksi bisu penyergapan tersangka teroris Ibrohim, sekarang pun terkesan lebih anggun dan lebih segar. Seperti rumah warga di pedesaan selama Idul Fitri, di meja ruang tamu disediakan sejumlah toples berisi beraneka makanan kecil untuk menjamu para tamu atau sanak keluarga yang bersilaturahmi.

Rumah yang luluh lantak karena diterjang ratusan peluru dan sempat diledakkan dengan tujuh bom pelontar oleh Densus Antiteror 88 ini, kini bercat hijau menyolok dengan perpaduan kuning dan sebagian ruangannya berwarna biru. Sisa-sisa lubang tembok bekas terjangan peluru, nyaris tidak nampak lagi.

Rumah yang terletak di bawah Bukit Sikleben itu, sudah dibedah direnovasi oleh pihak Polri sebagai bentuk kompensasi atau ganti rugi. Mbah Muhjari kala itu juga dinyatakan tidak bersalah, setelah sebelumnya sempat dibawa ke Jakarta oleh Densus 88 dengan tuduhan menyembunyikan tersangka teroris di rumahnya.

Selain cat rumah yang baru, eternit ruangan rumah juga baru, kemudian sebuah bak mandi yang sebelumnya tidak ditemui di kamar mandi, sebab keluarga Mbah Mujahri sebelumnya hanya menggunakan ember untuk mandi. Desain ruangan rumah ini tidak berubah yakni tetap dengan tiga buah kamar dan hanya ada penambahan atap di bagian teras rumah.

Sayangnya, meskipun rumah ini dikabarkan direhab dengan menghabiskan dana Rp 30 juta, hanya separo genteng rumah Mbah Muhjari yang terlihat baru, separonya merupakan sisa genteng lama. Yang nampak benar-benar baru hanya perabot isi rumah berupa kursi tamu, tempat tidur dengan kasur dan almari pakaian.

Rumah baru Muh Zahri tempat bersembunyi teroris selesai direnovasi (foto:tgr/BNC)

Rumah baru Muh Zahri tempat bersembunyi teroris selesai direnovasi (foto:tgr/BNC)

“Kunci rumah diserahkan pak Kapolres (Temanggung –Red) ke saya tiga hari sebelum Lebaran. Saya bersyukur rumah saya sudah diperbaiki kembali dan bisa untuk dihuni,” kata Muh Zahri. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response