Mardjoko: Umat muslim dewasa menerima perbedaan

Ditulis 21 Sep 2009 - 08:56 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Sejak pukul 05.00 umat Islam datang secara berbondong-bondong dari segala penjuru kota Purwokerto untuk menjalankan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah pada Minggu pagi (20/9) di alun alun Purwokerto.

Bupati Banyumas Drs H Mardjoko MM tiba di tempat shalat sekitar jam 06.15 WIB. Kehadiran Bupati disambut petugas dari panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas dan langsung didampingi hingga menempati shaf paling depan di bagian tengah.

Bupati Mardjoko memberikan sambutan sebelum shalat Idul Fitri berlangsung. Dalam sambuannya, Bupati menghimbau umat Islam agar senantisa senantiasa disiplin dalam setiap menjalankan tugas, selalu berupaya meningkatkan kualitas pribadinya dengan memperluas wawasan, cermat dalam menerima segala informasi serta tidak mudah percaya terhadap kabar yang tidak jelas sumbernya.

Selain itu, Bupati juga berpesan agar umat Islam semakin dewasa dalam setiap menghadapi perbedaan. “Dengan adanya perbedaan pandangan hendaknya dijadikan sarana untuk saling berkomunikasi dan silaturahmi,” kata Bupati.

Shalat Idul Fitri dimulai pada jam 06.45 WIB, dengan para petugas sebagaimana dikatakan sekretaris PHBI Kabupaten Banyumas Drs H Qoribun, selaku imam Ustad H Khasan bin Faruq dari Jakarta sedangkan khatib disampaikan oleh Ustad Ir Syarief Basyir Ketua Pimpinan Cabang Al Irsyad Al Islamyiah Kabupaten Banyumas.

“Pelaksanaan shalat Idul Fitri di kotatip Purwokerto sebagaimana laporan yang disampikan para petugas PHBI tingkat kecamatan, terdapat 130 tempat dilaksanakan di masjid atau mushala sedangkan kegiatan shalat Id di tanah lapang sebanyak 23 tempat,” kata Qoribun.

Jumlah tempat kegiatan shalat Id di seluruh kabupaten Banyumas, lanjutnya, terdapat di 27 kecamatan yang terdiri dari pelaksanaan shalat Id di masjid / mushala sebanyak 985 tempat sedangkan di tanah lapang sebanyak 158 sehingga jumlah keseluruhan ada 1.143.

Namun hingga berita ini diturunkan, masih kata Qoribun, dari 27 kecamatan masih ada 6 kecamatan yang petugasnya belum melaporkan tempat kegiatan shalat Idnya. (banyumasnews.com/ham)

Shalat Idul Fitri di alun alun Purwokerto (foto:ham/BNC)

Shalat Idul Fitri di alun alun Purwokerto (foto:ham/BNC)

Bupati Mardjoko saat menyimak Khutbah (foto:ham/BNC)

Bupati Mardjoko saat menyimak Khutbah (foto:ham/BNC)

Khatib saat memberikan siraman rohani (foto:ham/BNC)

Khatib saat memberikan siraman rohani (foto:ham/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response