Jelang Pilkada Purbalingga, PDIP belum tentukan sikap

Ditulis 20 Sep 2009 - 21:53 oleh Banyumas1

logo pdip

PURBALINGGA-Wakil Bupati (Wabup) Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko MSi menyatakan siap maju menjadi calon bupati (cabup) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 18 April 2010 mendatang Terkait pencalonan tersebut Heru menyatakan berkeinginan untuk mendapatkan dukungan dari lintas parpol.

“Saat ini sudah ada 7 parpol yang menyatakan dukungan kepada saya. Masing-masing adalah Partai Demokrat (PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dan Partai Matahari Bangsa (PMB),” kata Heru.

Heru juga mengungkapkan bahwa selain 7 parpol tersebut, Partai Golkar (PG) saat ini juga mulai melakukan pendekatan dan komunikasi dengan dirinya. Pembicaraan tersebut juga membahas mengenai kemungkinan bergabungnya PG dengan koalisi 7 parpol untuk mengusung dirinya sebagai cabup. “Kita masih terus melakukan pembahasan serius, semoga bisa ada titik temu,” ujarnya.

Mengenai PDIP yang notabene telah mengusung dirinya bersama bupati Triyono Budi Sasongko di Pilkada 2005 lalu, Heru mengatakan juga telah melakukan pembicaraan. Hanya saja antara PDIP dengan 7 parpol belum terjalin komunikasi.. Saat ini 7 parpol itulah yang menurut Heru terus menjalin koalisi untuk Pilkada. “Untuk PDIP belum. Namun saya berharap pada saatnya  seluruh parpol bisa duduk satu meja,” katanya.

Mengenai kemungkinan siapa calon wakil bupati (cawabup) yang akan berpasangan dengannya, Heru mengatakan belum menentukan nama. Nama itu menurutnya akan dibahas dan ditentukan oleh parpol pendukungnya. Saat ini selain fokus dengan koalisi 7 parpol Heru juga melakukan pendekatan dengan masyarakat. “Setiap hari saya keliling ke desa-desa. Seluruh desa di Purbalingga yang berjumlah 329 desa sudah saya datangi,” ungkapnya.

Terkait dengan rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  yang akan digelar pada 18 April 2010, sejumlah partai politik (parpol) di Purbalingga mulai mengelus nama calon bupati (cabup)  dan calon wakil bupati (cawabup)yang akan diusung. Sejumlah nama mulai dimunculkan dan didekati.

Nama Heru Sudjatmoko memang paling sering dimunculkan untuk maju sebagai kandidat bupati. Posisinya saat ini sebagai wabup dianggap strategis untuk menggalang dukungan. Peluangnya cukup besar apabila bupati Triyono yang sudah dua periode menjabat memberikan dukungan penuh pada saatnya nanti. Pada Pilkada 2005 lalu Triyono-Heru memang maju melalui koalisi PDIP dengan Partai Islam yang tergabung dalam koalisi kemaslahatan (banyumasnews.om/tgr)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. budi 23/09/2009 pukul 10:10 -

    memilih yang terbaik untuk Purbalingga yang cantik

Leave A Response