Antisipasi penjahat, warga Kerawang blokir jalan

Ditinggal mudik,warga tutup jalan perumahan (foto:cit/BNC)
Ditinggal mudik,warga tutup jalan perumahan (foto:cit/BNC)

KARAWANG – Guna mencegah aksi perampokan rumah yang kerap terjadi ketika Lebaran tiba, banyak warga perumahan di Kota Karawang yang memblokir jalan menggunakan portal. Bukan tanpa alasan, mengingat sebagian besar rumah yang ada ditinggal  oleh para pemiliknya yang tengah mudik Lebaran ke kampung halamannya.

Tatang (45) salah satu warga di Perumnas Bumi Teluk Jambe Karawang menuturkan aksi blokir jalan tersebut hampir tiap tahun dilakukan ketika Lebaran tiba. Semua jalan keluar masuk blok ditutup dan hanya satu yang dibuka sehingga arus bolak-balik warga dipusatkan pada satu pintu saja. Namun menurut Tatang, meskipun diblokir terkadang tetap ada saja rumah yang dimasuki maling. Orang-orang tidak bertanggung jawab banyak memanfaatkan situasi sepi dan kosong untuk melakukan tindakan kriminal. Jendela rumah biasanya dicongkel lalu harta benda diambil. Bahkan menurut tatang pernah dalam suatu kejadian harta benda warga tersebut diangkut menggunakan mobil bak oleh para perampok, warga yang melihat mengira itu adalah orang yang tengah pindahan rumah.

“Disini rumahnya pada sepi semua, pemiliknya pada pulang kampung, makanya biasanya jadi sasaran empuk rampok, warga pasang portal sekedar untuk mengantisipasi dan meminimalisir aksi perampokan saja” Tandas Tatang kepada BanyumasNews.com Siang (20/9) tadi. Selain memblokir jalan, warga juga menyewa beberapa satpam guna berkeliling dan menjaga rumah warga yang kosong. Aksi blokir jalan tersebut akan berkhir manakala para pemilik rumah telah kembali dari kampung halamannya (banyumasnews.com/cit).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.