Bina Marga tempatkan alat berat di titik rawan bencana

Ditulis 18 Sep 2009 - 22:43 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
308
Dalam Tag

alat beratCILACAP- Dinas Bina Marga Cilacap Jawa Tengah menyiapkan sedikitnya tiga unit alat berat yang disiagakan di sejumlah titik rawan bencana banjir dan tanah longsor di jalur selatan. Jalur ini hingga kemarin mulai dijejali pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat.

“Ketiga alat berat itu masing-masing kami siagakan di Majenang, Rawalo serta Purwokerto. Alat berat itu memang kami sengaja disebar ke tiga titik strategis agar bisa dimobilisasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan ke lokasi bencana,” ujar Kepala Balai Teknis Bina Marga Wilayah Cilacap Ir H Priyono.

Untuk wilayah Mejenang ditempatkan di dekat Jembatan Cijalu. Diaharkan alat berat yang ada di Majenang bisa dimobilisasi ke arah baratĀ  Wanareja dan Dayeuhluhur yang memiliki titik-titik rawan longsor. Juga ke arah timur Cimanggu, Karangpucung hingga Wangon yang juga memiliki banyak titik rawan longsor maupun banjir.

Begitu juga dengan alat berat yang ditempatkan di Rawalo. Alat di Rawalo ini diharapkan bisa dimobilisasi ke arah Cilacap dan sebagian wilayah Banyumas. Sendangkan yang di Purwokerto, akan diarahkan ke wilayah Purbalingga maupun ke arah Sumpiuh.

” Dalam kondisi hujan, titik-titikk rawan longsor berada di jalur selatan dari wilayah perbatasan Jawa Barat hingga MajenangĀ  terdapat di Cikukun yang berada di jalur antara Wanareja dan Mejenang,ini sangat berbahaya ” ujarnya.

Satu titik lainnya berada di Gunungusengkala yang berada di wilayah Karangpucung atau sekitar berbatasan dengan Kabupaten Banyumas. Dua titik rawan banjir atau genangan berada di Pahonjean Majenang dan Cimanggu. Semetara, titik-titik rawan banjir maupun longsor yang ada di jalur tersebut, juga tersebar di beberapa ruas jalur selatan wilayah Kabupaten Banyumas. Meskipun belum semuanya mulus, namun kondisi jalur utama di jalur selatan relatif baik (banyumasnews.com/tin).

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. budi 23/09/2009 pukul 10:16 -

    titik rawan banjir dan longsor sudah diketahui, antisipasinya tempatkan alat berat, gimana nich? untk tahun dpn antisipasinya pasti sama ya…

Leave A Response