301 Napi LP Nusakambangan dapat remisi

Ditulis 18 Sep 2009 - 22:04 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
66
Dalam Tag

CILACAP – Ratusan Napi Nusakambangan akan mendapatkan remisi. Tercatat dari LP Batu jumlah Napi yang mendapatkan remisi sebanyak 207 orang. Sedangkan sebanyak 55 Napi tidak mendapatkan remisi karena berbagai hal.
Sebanyak 18 orang tidak menerima remisi karena umat non muslim, 20 orang terpidana seumur hidup dan 17 orang terpidana mati. Mereka tidak menerima remisi khusus saat lebaran ini.

Sementara di LP Besi Cilacap tercatat sebanyak 94 orang napi menerima remisi. Baik LP Besi maupun LP Batu tidak ada satu pun napi yang menerima remisi khusus II. Semua Napi yang mendapatkan remisi masih harus menjalani sisa hukumannya.

Penyerahan remisi ini rencananya diserahkan saat lebaran. Namun hingga kemarin belum ada keterangan resmi apakah penyerahan akan dilakukan hari Minggu atau Senin. Penyerahan ini bakal dilakukan serentak oleh LP-LP yang ada di Cilacap.

Ditempat terpisah Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah, Bambang Winahyo mengtakan ,remisi saat lebaran ini diberikan khusus untuk mereka yang muslim. Selain itu bagi untuk terpidana mati sama sekali tidak mendapatkan remisi. Makanya dari 10.353 napi/tahanan di seluruh LP dan rumah tahanan di Jateng, hanya 4.191 napi yang menerima remisi,” ujar Bambang , Jumat 18/09).

Remisi yang diberikan kepada para Napi ini terdiri dari remisi khusus I (mendapat remisi tapi tidak bebas) sebanyak 4.032 orang. Sedangkan mereka yang mendapat remisi khusus II (langsung bebas) sebanyak 159 orang.

Di Kabupaten Cilacap terapat delapan Lembaga Pemasyarakatan (LP).  tujuh LP diantarnya berada di Pulau Nusakambangan yakni LP Batu, Besi,Kembangkuning, Permisan, Pasir Putih, Narkotika dan LP Terbuka banyumasnews.com/tin).

Tentang Penulis

Leave A Response