Dari Cikampek arus pemudik sudah padat merayap

Ditulis 18 Sep 2009 - 01:19 oleh Banyumas1

Purwakarta – Jelang Lebaran yang tinggal 3 hari lagi (20/9), lonjakan arus pemudik dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur mulai terlihat memadati gerbang tol Cikampek. Antrean panjang hingga 4 Km memaksa pihak Jasa Marga membuka seluruh pintu tol Cikampek yang berjumlah 8 buah. Tercatat jumlah mobil yang keluar dari gerbang tol Cikampek dari pukul 06.00 – 14.00 WIB adalah sebanyak 10.394 mobil, kebanyakan didominasi oleh kendaraan pribadi dengan plat B dan F.

Reporter banyumasnews.com Citra Brandh Saldy yang berada di Cikampek melaporkan,sistem buka tutup diberlakukan guna mengurangi kepadatan pemudik. Bila Simpang Jomin pantura padat dan macet maka akan dialihkan menuju jalur tengah yakni melewati Subang – Kadipaten – hingga Cirebon dan juga Jalur selatan. Kedua jalur ini akan diintensifkan agar kemacetan tidak terpusat di Pantura.

Polda Jabar, seperti yang diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Polisi Timoer Pradopo, pada Lebaran kali ini menerjunkan sebanyak 5000 personel yang disebar sepanjang jalan-jalan wilayah Jawa Barat yang akan dilalui pemudik, terminal dan juga stasiun. “Kami akan berikan pelayanan kepada pemudik dengan maksimal, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan adalah harapan kita bersama, untuk itu akan kami upayakan semaksimal mungkin” Ungkap Irjen Polisi Timoer Pradopo ketika ditemui BanyumasNews.com di Pos Pengamanan Mudik Tol Cikampek – Purwakarta Kamis (17/9).

Jalur-jalur rawan seperti di Cikamurang, Cibogo, Tomo, dsb akan dijaga ketat oleh personel dari Polda Jabar, begitu juga dengan distribusi sembako. Untuk kemacetan sebagai akibat pasar tumpah Polda Jabar akan terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat sehingga dapat teratasi. Kapolda Jabar berpesan kepada para pemudik lewat BanyumasNews.com agar senantiasa berhati-hati ketika dalam perjalanan mudik sehingga dapat berkumpul berlebaran bersama keluarga di kampung halaman (banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response