Sensasi terapi ikan di Owabong

Ditulis 17 Sep 2009 - 15:10 oleh Banyumas1

terapi ikan2PURBALINGGA – Untuk terus memanjakan pengunjung, Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) akan meluncurkan wahana baru terapi ikan (fish therapy). Wahana ini mulai dibuka Jum’at (18/9). Sebelumnya, Owabong pada tahun 2009 ini juga telah meluncurkan wahana ‘pesawat terbang Foker’. Selain terapi ikan, taman reptile dan insekta yang masih dalam manajemen Owabong juga dilengkapi dengan wahana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Humas Owabong Agus Dwiantoro kepada Banyumasnews.com, Kamis (17/9) mengatakan, wahana terapi ikan konon dipercaya dapat menghaluskan kulit.

Ikan yang digunakan dalam terapi ini umumnya adalah ikan Garantuka.

“Kebiasaan ikan Garantuka  yang gemar mengkonsumsi kulit mati, parasit dan kuman yang menempel di sekujur kulit tubuh akan membuka pori-pori kulit yang mati sehingga bisa menghilangkan berbagai penyakit kulit,” kata Agus .

Pengunjung bisa memasukkan kedua kakinya ke dalam air dan rileks, membiarkan ikan-ikan kecil mendekat dan perlahan menggigit kaki. Setelah puluhan, bahkan ratusan, ikan mengigiti kaki, timbul sensasi aneh. Perpaduan antara geli dan seperti sengatan listrik skala kecil.

”Semakin banyak ikan menggigit kaki, berarti semakin banyak penyakitnya. Terapi ikan ini kami adopsi dari salah satu lokasi SPA di Kuala Lumpur, Malaysia. Kami bawa dan terapkan dengan beberapa modifikasi,” kata Agus Dwiantoro tanpa menyebut berapa tarif yang dikeluarkan untuk melakukan terapi ikan. Agus hanya menyebut, harga pasti terjangkau.

Menurut Agus, patukan ikan akan membuka pori-pori kulit sehingga bisa mengeluarkan berbagai penyakit, apalagi diyakini di kaki terkumpul toksin yang menjadi endapan penyakit. ”Konsep yang diusung memang sudah dimodifikasi ulang. Di China, terapi ikan dilakukan dengan merendam seluruh tubuh di bak air hangat yang terdapat ribuan ikan kecil. Ikan-ikan ini mengangkat sel-sel kulit mati,” jelas Agus.

terapi ikan

Para pengunjung Owabong yang melakukan terapi ikan, lanjut Agus, dijamin kulitnya akan halus  dan bersih. Kulit-kulit baru akan segera tumbuh mengganti kulit yang mati. “Silahkan buktikan saja,” kata Agus setengah berpromosi.

Dibagian lain Agus mengatakan, menyambut libur lebaran, Owabong telah siap memanjakan pengunjung dengan berbagai fasilitas. Owabong akan mulai dibuka kembali Jum’at (18/9), setelah sekitar tiga pekan ditutup untuk pembenahan. “Selama libur lebaran hingga tanggal 4 Oktober, Owabong akan menghibur pengunjung dengan live musik. Setiap hari, tampil group musik dengan berbagai jenis secara bergantian.,” kata Agus.

Soal tarif masuk selama libur lebaran, tambah Agus, masih murah dibanding obyek serupa di Jateng dan Jatim, bahkan Jakarta. Pengunjung Owabong dikenai tiket masuk Rp 25 ribu per orang. Sedang pengunjung taman reptik dan insekta dikenai tarif Rp 10 ribu per orang. (banyumasnews.com/prayitno)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. epolive 12/10/2010 pukul 10:46 -

    kita sdh membuktikan ikan terapi di owabong, memang kulit menjadi bersih…boleh dicoba utk rekan2 yang mau mencoba…

  2. Banyumas1 08/06/2010 pukul 13:25 -

    coba hubungi Agus 08122707133

  3. aan 08/06/2010 pukul 12:09 -

    dimana saya dapat ikan di wilayah banyumas

  4. DONI 01/06/2010 pukul 17:08 -

    BOZ…..SY BUTUH INFO YG JUAL IKAN NYA D MN DONG,,,SY MINAT MAU BKI 5000 IKAN…TLNG HUB IN SY D 087882234118 DONI

  5. Budi 10/10/2009 pukul 09:39 -

    Waaah……..sy kok jd tertarik utk bikin kolam terapi ikan ini, kbtln sy kan ada dipadang
    nih, pasca gempa 30 sept 2009 kan bayak masyarat di padang yg pada stress…
    jd sy bisa bantu mereka melalui terapi ini. Smoga……….
    mhn informasi dimana bisa mendapatkan ikan2 tersebut…..? dan brp harganya?
    terima kasih.

  6. jhony 08/10/2009 pukul 20:42 -

    kalo ada yang tau penjual ikan garantuka tolong kabari saya di 0254 933 5860.

  7. jhony 08/10/2009 pukul 20:40 -

    saya ingin tanya ada gak yah yang jual ikan garantuka ini? kalo ada tolong hubungi saya di 0254 933 5860.

  8. ~....fia...~ 27/09/2009 pukul 06:27 -

    aku pernah ke owabong loh,…… trapi ikannya ga bayar ……. tapi ada kolam air hangat, kaloam air dingin sam,a terapai ikann dijadiin satu jadi kalo mau masuk bayar 10.000 …..:)

  9. trisno 23/09/2009 pukul 12:59 -

    byuurr, owabong…. owabong, pasti pengin kesana lagi gak bosen bosen, tiap tahun tambah seru

  10. Danang 17/09/2009 pukul 15:34 -

    Berapa lama sekali terapi ? harganya berapa bapak/ibu pengelola owabong? yg murah dong ya.. mumpung mau mudik, pengin nikmati Owabong yg cuma denger terus dari dulu..

Leave A Response