Ancaman demam berdarah di Ajibarang meluas, warga resah

nyamuk-demam-berdarahAncaman makin meluasnya demam berdarah kini benar benar membuat warga di Desa Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang Banyumas resah.Dalam sepekan kemarin, Puskemsas Ajibarang telah melakukan fogging di lingkungan wilayah Desa Ajibarang Wetan.
Berdasarkan surat pemberitahuan dari Puskesmas Ajibarang, kepada kantor Kecamatan Ajibarang, dalam Juli ini sebanyak 5 orang yang dinyatakan positif terkena penyakit demam berdarah.
Andri, salah seorang bidan Desa Ajibarang Kulon, beberapa waktu lalu mengakui, kasus demam berdarah di wilayah Ajibarang masih berlanjut, terutama di daerah padat permukiman.
Timbulnya penyakit menular terutama demam berdarah, berkaitan erat dengan kerusakan kualitas lingkungan. Lingkungan yang kotor rentan penyebaran penyakit yang ditimbulkan dari virus dengue.
Kondisi ini membuat penyebaran penyakit demam berdarah makin cepat. Warga yang terkena demam berdarah kian hari makin bertambah banyak. Berbagai upaya telah dilakukan oleh dinas kesehatan. Mulai dari melakukan fogging di wilayah endemik demam berdarah, sampai peningkatan kebersihan lingkungan.
“Sayangnya upaya tersebut sampai sekarang belum bisa meminimalkan kasus demam berdarah. Kami berharap dinas kesehatan pun diharapkan bisa rutin melakukan fogging dan memberikan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan kepada masyarakat,” ujar Dani warga Ajibarang Kulon. (banyumasnews.com/n-1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.