Demi pembangunan jalan, gedung SD dirobohkan

Ditulis 15 Sep 2009 - 21:21 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Lima ruang kelas SD Negeri 1 Purbalingga Kidul, Kecamatan Purbalingga, terpaksa dirobohkan. Sebagian lokal bangunan sekolah tersebut dikorbankan demi membangun jalan tembus antara Stadion baru Guntur Darjono – Jalan Ahmad Yani.  Meski dirobohkan dan dibongkar, Pemkab setempat memberikan kompensasi dengan membangun lokal baru disisi Selatan bangunan lama.

Proses pembongkaran sebagian bangunan sekolah itu praktis menganggu proses belajar mengajar siswa. Pihak sekolah menolak sebagian siswanya dipindahkan sementara ke salah satu ruangan di kantor stadion yang berjarak sekitar 50 meter.  Pihak sekolah memilih untuk tetap bertahan dengan memberlakukan giliran masuk sekolah.

Kabag Pembangunan Setda Drs Suroto,M.Si mengakui pihak Pemkab terpaksa membongkar sebagian bangunan SDN 1 Purbalingga Kidul. Pembongkaran itu untuk membangunan jalan tembus menuju akses stadion. “Pemkab akan segera mengganti dengan bangunan baru, bahkan jumlah lokalnya lebih banyak. Kami targetkan dalam waktu 75 hari setelah pelelangan proyek, bangunan tersebut akan selesai, sehingga proses belajar mengajar dapat pulih kembali,” kata Suroto.

Dikatakan Suroto, untuk pembangunan lokal pengganti, Pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 850 juta. Dana sebesar ini untuk membangun enam ruangan kelas, 1 ruang perpustakaan, dan satu buah mushola.  (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response