Segera digelar, kursus kehumasan dan pengelola Kwartir Pramuka

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga akan menggelar pelatihan kehumasan dan pengelola kwartir ranting di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Bojongsari. Pelatihan akan diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari sekretaris ranting, Andalan ranting urusan (Anru) Humas, Dewan Kerja Ranting, Dewan Kerja, dan dijadwalkan berlangsung Sabtu – Senin, (18 – 20/7).
Andalan Cabang Urusan (Ancu) Humas Kwarcab Pramuka Purbalingga Ir Prayitno MSi mengemukakan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota Pramuka di bidang kehumasan dan kesekretariatan, serta sebagai wahana silahturahmi dan tukar pikiran antar kwartir ranting dan dengan kwartir cabang.
“Melalui pelatihan kehumasan ini juga diharapkan akan mampu meningkatkan pencitraan gerakan pramuka ditengah masyarakat,” kata Prayitno, Jum’at (10/7).
Prayitno menjelaskan, materi pelatihan kehumasan antara lain terdiri kehumasan dalam gerakan pramuka, teknik penulisan press release, penulisan berita, feature, teknik wawancara, fotografi, reportase radio, dan media cyber. Sedang materi kesekretariatan dan materi umum meliputi surat menyurat, pengarsipan, stenografi, administrasi kwartir, penganggaran dan pelaporan keuangan, pokok-pokok gerakan pramuka, revitalisasi gerakan pramuka, organisasi kwartir ranting, kedewankerjaan, dan diskusi.
“Penyaji materi kami ambilkan dari para praktisi yang berkompeten antara lain dari kalangan pers, praktisi Teknologi Informatika, unsur Dinas Pengelolaan Keuangan dan Arsip daerah (DPKAD) Pemkab Purbalingga, dan dari Humas Pemkab Setda Purbalingga,” kata Prayitno yang juga wakil ketua panitia pelaksana kegiatan. (banyumasnews.com/pyt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.