Banyak gedung sekolah di Banyumas rusak

Ruangan kelas yang rusak (foto:dok/BNC)
Ruangan kelas yang rusak (foto:dok/BNC)
Banyak gedung SD di Banyumas yang rusak (foto:dok/BNC)
Banyak gedung SD di Banyumas yang rusak (foto:dok/BNC)

PURWOKERTO Sejumlah sekolah dasar di wilayah Kabupaten Banyumas menunggu giliran untuk diperbaiki. Setidaknya terdapat 937 ruang kelas yang mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan yang berbeda yang tersebar merata di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas. Data ini berdasarkan hasil rekap Diknas Kabupaten Banyumas bulan September 2009.

Selain menganggu kenyamanan kegiatan belajar mengajar kerusakan juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan guru dan murid akan runtuhnya bangunan kelas. Kasi sarana dan prasarana Diknas Kabupaten Banyumas Sinung Adi Palwoko mengatakan bahwa pihaknya mengalami kesulitan pendanaan dalam merehabilitasi ruangan kelas yang rusak. “Minimal 1 kelas menghabiskan dana sebesar Rp.70 juta, sampai saat ini kami telah memperbaiki sebanyak 295 ruangan kelas, sisanya menunggu giliran dana yang turun” tutur Sinung.

Untuk perbaikan berat dan sedang dana diampil dari Dana Alokasi Khusus, Bantuan Gubernur, APBN, maupun APBD. Sedangkan untuk perbaikan ringan dapat menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah.Bangunan sekolah pada umumnya sudah tua, bahkan ada yang sudah berusia hingga 50 tahun lebih, sudah semestinya untuk di rehab, kebanyakan bangunan didirikan di tahun 1975” ungkap Sinung.

Untuk mensiasati kerusakan ruangan, pihak sekolah menggunakan cagak  dari bilah bambu sebagai penyangga atap atau menggunakan ruang kelas secara bergantian sehingga otomatis ada jam siang (banyumasnews.com/cit)


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.