Stok beras di Banyumas aman

Ditulis 11 Sep 2009 - 20:05 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Kabag Humas Sub Divisi Regional IV Banyumas Priyono menjamin tidak akan kekurangannya stok beras menjelang Lebaran . Dikatakan bahwa stok beras untuk wilayah eks karesidenan Banyumas cukup hingga Juli 2010 mendatang. “Masyarakat jangan khawatir, stok beras cukup sampai 2010 mendatang, malahan kami sedang berencana kembali untuk mengirimkan beras tersebut ke Kabupaten lain yang mungkin kekurangan beras, kemarin kami baru mengirimkan sebanyak 2400 ton beras ke Kedu” ungkap Priyono Jumat (11/09).

Pengiriman beras ke wilayah lain tersebut selain untuk membantu pemerataan ketersediaan stok pangan secara nasional juga untuk mencegah kerusakan beras sebagai akibat terlalu lama di simpan di gudang. Bulog Divisi Regional IV bertanggung jawab atas ketersediaan stok beras untuk wilayah Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara. Saat ini stok beras yang terdapat di 9 gudang Bulog mencapai 72.000 ton. 9 gudang tersebut berada di Cindaka, Sokaraja, Majenang, Purbalingga, Purwonegoro, Gumilir, Lomanis, dan Maos.

Kenaikan harga diperkirakan hanya akan terjadi untuk beras-beras dengan kualitas tinggi seperti Rojo Lele, Pandan Wangi, Mentik Wangi dan lain sebagainya. Kenaikannya berkisar antara Rp.100,- /kg hingga Rp.200,-/kg. Sedangkan untuk beras-beras dengan kualitas sedang tidak akan mengalami kenaikan. Operasi pasar tidak akan dilakukan oleh Bulog selama harga di pasaran masih stabil dan terjangkau oleh masyarakat.(banyumasnews.com/cit)


Tentang Penulis

Leave A Response