KA Ekonomi lebaran diluncurkan, Solo – Jakarta cuma Rp 37 ribu

SOLO – Untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik, PT Kereta Api Indonesia meluncurkan Kereta Api (KA) kelas Ekonomi ekstra Lebaran jurusan Solo-Jakarta. Kereta ini mulai dioperasikan secara resmi pada H-10 Lebaran atau Jumat (11/9) dari Stasiun KA Jebres, Solo.

Namanya juga KA Ekonomi, harga tiket kereta api ini  terbilang sangat ekonomis. “Selisihnya saja empat kali lebih murah dibanding yang kelas bisnis ataupun eksekutif. Cukup dengan Rp 37.000 per tiket, penumpang KA Ekonomi sudah sampai Jakarta,” ujar Kepala Stasiun KA Ekonomi Jebres, Triyanto, Kamis (10/9).

Menurut Triyanto, penurunan harga tiket KA Ekonomi sangat berpengaruh terhadap jumlah penumpang menyusul kondisi ekonomi yang tak stabil. Harga satu tiket KA kelas Ekonomi untuk Jurusan Solo-Jakarta sebelum diturunkan menjadi Rp 37.000 yang semula Rp 40.000 per tiket. Kondisi sebaliknya justru terjadi pada KA kelas eksekutif atau pun bisnis yang harga tiketnya naik mencapai Rp 50.000.

“Penurunan harga tiket KA ekonomi dan naiknya harga tike kelas eksekutif ini yang diprediksikan akan membuat penumpang Lebaran berlari memilih KA kelas ekonomi. Ini terbukti sejak tiket KA Ekonomi diturunkan, jumlah penumpangnya naik terus. Diprediksi jumlah pemudik Lebaran yang menumpang KA Ekonomi tahun 2009 meningkat 5 % dibanding tahun lalu lantaran harga tiketnya turun,” ujar Triyanto. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.