Ditemukan lagi 11 menhir di Tunjungmulih

Ditulis 09 Sep 2009 - 21:37 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Arkeolog dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Purbalingga bersama arkeolog dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng yang melakukan observasi lapangan di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Kemangkon, kembali menemukan 11 menhir. Sehari sebelumnya ditemukan 7 menhir di beberapa tempat terpisah. Dengan penemuan ini berarti sedikitnya telah ditemukan 20 menhir masa peninggalan pra-sejarah.

Arkeolog dari Disbudparpora Purbalingga Adi Purwanto S Si MSi kepada banyumasnews.com mengatakan,  11 menhir yang baru ditemukan, Rabu (9/9) berada di Kali Arca. Lokasi penemuan ini berdekatan dengan Dukuh Arca, lokasi ditemukannya tujuh buah menhir sehari sebelumnya.

Dikatakan Adi Purwanto, sebagaimana penemuan sebelumnya, batu-batu menhir tersebut ditemukan berserakan di tepian maupun ditengah Kali Arca. Diprediksikan, batu-batu menhir itu merupakan media pemujaan arwah bagi masyarakat purbakala dalam meminta keselamatan dan hasil panen yang melimpah. (banyumasnews.com/tgr)

Untuk yang kesekian kalinya ditemukan Menhir di Purbalingga (foto:tgr/BNC)

Untuk yang kesekian kalinya ditemukan Menhir di Purbalingga (foto:tgr/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response