Banjarnegara ‘panen’ pengemis

Ditulis 09 Sep 2009 - 21:06 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Maraknya pengemis di bulan Ramadhan ini, sudah sangat meresahkan warga Banjarnegara. Aksi mereka tidak lagi sekedar mengemis atau meminta-minta, namun sudah berani memaksa .Sebab itu, Satpol PP bekerja sama dengan Polres Banjarnegara dan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) menggelar  operasi penertiban di Pasar Kota, yang selama ini menjadi tujuan utama para pengemis.

“Sebanyak 2 peleton Satuan Polisi Pamong Praja kami  untuk melaksanakan operasi tersebut. Operasi dimulai dari tanggal 31 Agustus sampai dengan H+7 Lebaran,” ujar Kasat Satpol PP Gatot Yahya Setiyadi, B.Sc, di ruang kerjanya, Rabu (09/09).

Gatot Yahya mengakui, belakangan banyak SMS masuk ke bagian pengaduan Satpol PP Banjarnegara tentang keberadaan pengemis yang sudah embikin risih warga, khususnya para pembeli di kompleks Pasar Kota Banjarnegara. JUga tak sedikit warga yang langsung mendatangi kantor Satpol PP, menyarankan agar Satpol PP menggelar operasi penertiban pengemis. Disinyalir, belakangan ini jumlah pengemis yang berkeliaran di Banjarnegara sudah mencapai ratusan orang.

Menurut Gatot, operasi yang digelar pihaknya dalam beberapa tahap, dimulai dari sosialisasi, pembinaan dan terakhir diambil tindakan. “Tahap tindakan hanya akan diambil apabila pengemis, pedagang, pengamen ataupun tukang parkir liar sulit dibina,” katanya.

Pengemis menghiasi sejumlah sudut kota Banjanegara (foto:dok BNC)

Pengemis menghiasi sejumlah sudut kota Banjanegara (foto:dok BNC)

Semenjak digelar operasi, lanjutnya, aksi para pengemis mulai menurun. Hal tersebut dimungkinkan karena setelah satu dua orang pengemis ataupun pengamen dibina, sepertinya yang lain tahu diri. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response