Griya Ar Raudhah pusatnya kerudung modis elegan

Ditulis 09 Sep 2009 - 20:48 oleh Banyumas1

KERUDUNG bagi wanita Islam (muslimah) menjadi salah satu kebutuhan pokok. Pemenuhannya tidak hanya untuk perlengkapan pakaian agar pantas dan serasi demi tampil indah dan cantik saja. Melainkan memiliki makna keagungan sekaligus tindak kepatuhan sebagai hamba-Nya dalam upaya menjadi muslim yang menjalankan ajaran Islam secara menyeluruh.

Seiring perkembangan zaman, dimana kebutuhan hidup semakin komplek dan beragam,  menuntut adanya tingkat aktivitas yang tinggi serta efisien dalam menjelankan tugas yang dijalankan, tak terkecuali para muslimah karier.

Dalam praktiknya, semula banyak anggapan bahwa mengenakan busana muslimah bagi wanita aktif bekerja itu dapat mengganggu dalam kecepetan dan ketepatan dalam bekerja. Sehingga berkerudung identik dengan ribet, menganggu kelancaran kerja serta tidak praktis.

Lantas bagaimana agar para muslimah yang memiliki aktivitas tinggi mampu menajalankan tugasnya namun mereka tetap dapat mengenakan busana sebagai kewajiban sesuai ajaran yang diyakini?

Renges Windy Asrini, salah seorang wanita muslimah asli Banyumas telah berhasil menjabarkan solusi dari persoalan itu melalui karya disain kerudung yang praktis, modis dan elegan. Setahap demi setahap hasil rancangannya itu diproduksi mulai dengan jumlah terbatas hingga akhirnya pesanan melimpah dan memiliki puluhan karyawan. Semua hasil disain dan produksinya hingga kini ditata apik di Griya Kerudung Ar Raudhah yang dikelolanya. Sebuah rumah mode, sekaligus pusat penjualan dan produksi khususnya kerudung praktis tapi modis serta berkelas itu berada di jalan Pemuda nomor 20 Purwokerto. Tepatnya 300 meter ke arah Timur dari stasiun besar Purwokerto atau sekitar 50 meter ke arah Barat dari pasar Manis Purwokerto.

Dikatakan Windy, awal membuka usahan sebagai tukang jahit kerudung sejak akhir tahun 2002. Sebagai salah seorang putra penjahit, Windu yang juga sarjana Teknik Arsitek Unwiku Purwokerto ini benar-benar mengubah haluan dalam kariernya. Dia bukan mendisain rancang bangun sebuah gedung bertingkat melainkan secara cermat membuat disain kerudung yang praktis tetapi tetap formal jika digenakan. Bahkan menambah cantik bagi pemakaianya.

“Sebelumnya sudah banyak beredar di pasaran kerudung praktis terbuat dari bahan kaos. Sayangnya produk tersebut kurang cocok jika dipakai para wanita muslim  karier, pejabat atau dipakai setiap ada acara resmi. Kemudian terpikir untuk mebuat kerudung praktis tetapi modis, sopan dan elegan,” papar Windy kepada banyumasnews.com di tempat usahanya, Rabu siang,  (9/9).

Dijelaskan, sebelum kerudung praktis popular, umumnya para muslimah mengenakan kerudung  segi empat yang cara memakainya cukup merepotkan. Setelah dikenalkan produk kerudung praktis bikinan wong Banyumas dengan bahan non kaos itu, hingga kini semakin banyak konsumen yang membeli produknya. Tidak hanya di sekitar banyumas tetapi hingga Jakarta dan daerah lain di Jawa Tengah.

Memasuki tahun kedua, konsumen tidak hanya membeli produk sesuai contoh yang sudah jadi, melainkan Windy mulai menerima pesanan dari para pelanggannya. Bahkan, tidak hanya kerudung dengan bahan yang samasekali baru dari produsen, melainkan konsumen bisa mendaur ulang bahan kerudung segi empat koleksinya untuk dijahit menjadi kerudung model buatan Ar Raudhah.

Kerudung pesta

Di griya kerudung yang dikelolanya, Renges menawarkan beragam kerudung modis. Bahkan ada produk khas yang tengah gencar diproduksi untuk melayani permintaan  konsumen yaitu kerudung pesta. Kerudung yang tepat dipakai dalam acara khusus dan bergengsi, seperti resepi pernikahan, prosesi wisuda atau acara resmi lainnya. Bentuknya banyak varian dan merupakan kombinasi kerudung dengan songkok yang dihiasi manik-manik dan korsase.

Selain tampak wah dan sangat menarik, harga kerudung pesta buatannya juga cukup terjangkau, harga berkisar Rp 55.000 sampai Rp 120.000. Bahan yang digunakan juga berkualitas, menggunakan bahan, linen dan sutra.

Griya Kerudung Ar Raudhah di jalan Pemuda Purwokerto (foto:ham/BNC)

Griya Kerudung Ar Raudhah di jalan Pemuda Purwokerto (foto:ham/BNC)

Windy,pemilik Griya Ar-Raudah dengan aneka kerudung kreasinya (foto:ham/BNC)

Windy,pemilik Griya Ar-Raudah dengan aneka kerudung kreasinya (foto:ham/BNC)

Aneka kerudung modis untuk balita (foto:ham/BNC)

Aneka kerudung modis untuk balita (foto:ham/BNC)

Griya kerudung Ar Raudhah selain menyediakan berbagai jenis kerudung  yang bermacam ukuran dari anak sampai dewasa ada juga topi, aneka asesoris, dalaman kerudung dan perlengkapan sholat.  Juga menyediakan perlengkapan dan oleh-oleh haji, busana muslim dan muslimah.. “Bagi para remaja dan ibu-ibu yang berminat ingin lihai membuat kreasi kerudung, kami juga menyelengarakan kursus kilat kreasi kerudung,” pungkas Windy (banyumasnews.com/hamidin krazan)

Foto – 1 : Pemilik Griya Kerudung Ar Raudhah dengan koleksi disain kerudung modisnya (Foto-BNC/ham)

Foto- 2 : Para karyawan bagian produksi sedang mengerjakan kerudung pesta pesanan (Foto-BNC/ham)

Foto – 3 : salah satu contoh kerusung modis untuk balita (Foto-BNC/ham)

Fo0to- 4 : Bermacam jenis contoh kerung modis (Foto-BNC/ham)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Dian Meidiani 15/01/2011 pukul 05:46 -

    Assalamualaikum pembaca Banyumas News,

    Selamat tahun baru 2011. Semoga pembaca Banyumas News semakin sukses, serta tercapai seluruh cita- citanya. Amin.

    Kami adalah produsen Jilbab bermerek Meidiani yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Produk kami sangat laris di pasaran, terutama model- model jilbab panjang.

    Saat ini kami mencari partner untuk pemasaran online, selain juga mencari agen di Banyumas. Insyaallah Jilbab Meidiani akan memeriahkan bisnis pembaca Banyumas News.

    Jika berkenan, silahkan kunjungi kami di http://www.meidiani.com mudah- mudahan berjodoh. Saat ini kami sedang mengadakan promo diskon 27% all item.

    Wassalam,
    Dian Meidiani

  2. Putri 08/12/2010 pukul 14:50 -

    ada foto macam-macam jilbabnya tidak? saya mencari jilbab model lama. ingin membelinya.

  3. salim kadireja 13/09/2009 pukul 21:48 -

    sip..sukses selalu mbak..aja kelalen zakat lan ifake karo anak yatim

  4. indah 13/09/2009 pukul 14:45 -

    Griya kerudung Ar Raudah ,koleksi baju2nya juga modis bisa tampil beda dari yg lain.sdh terbukti meski sy sek tinggal di jkt,tetep mudik sll ke Jl Pemuda 20.tks.

Leave A Response