Jelang Lebaran harga kepokmas relatif stabil

Perhiasan imitasi di Purwokerto laris manis (foto:cit/BNC)
Harga Kepokmas relatif stabil (foto:cit/BNC)

sembakoPURWOKERTO – Jelang Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di sejumlah pasar di Purwokerto relatif masih stabil, bahkan ada yang turun, hanya ada beberapa jenis barang yang mengalami kenaikan seperti bawang putih, gula, dan cabai merah.

Surtini salah satu pedagang di Pasar Wage mengaku kenaikan yang paling terasa adalah cabai merah, harga melonjak hingga Rp.17.000/kg dari harga sebelumnya yang hanya Rp.10.000/kg. Sedangkan gula naik menjadi Rp.10.000/kg dimana sebelumnya Rp.8500/kg. Bawang putih naik dari Rp.9000/kg menjadi Rp.12.000/kg. Surtini mengatakan bahwa kenaikan tersebut akibat kurangnya pasokan yang datang.

Untuk harga telur sendiri masih berada di kisaran Rp.13.000/kg sedangkan harga minyak goreng dan bawang merah turun sebesar seribu sampai tiga ribu dari harga sebelumya. Karso, pedagang kelontong di pasar Cerme mengatakan kenaikan harga pokok berkisar antara 3 hingga 4 ribu per jenis barang. “naiknya tidak terlalu besar, hanya harga cabai merah saja yang lonjakannya sangat tinggi sampai Rp.19.000/kg” ungkap Karso

Hal yang sama juga terlihat pada harga daging sapi yang tetap berada di kisaran Rp.60.000/kg dan daging ayam Rp.20.000/kg. Ketika dikonfirmasi Didi R, Kepala Disperindagkop mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan antisipatif untuk mencegah tingginya lonjakan harga-harga kebutuhan pokok diantaranya dengan melakukan monitoring harga kebutuhan pokok setiap hari, melakukan upaya distribusi alternatif, melakukan pemantauan terhadap ketersediaan stok kebutuhan pokok, dan juga melakukan operasi pasar bila kenaikan harga bahan pokok tidak lagi bisa terbendung (banyumasnews.com/cit)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.