Seniman Banyumas serukan aksi ganyang Malaysia

Ditulis 09 Sep 2009 - 18:48 oleh Banyumas1
Seniman Banyumas menggelar aksi Ganyang Malaysia (foto:cit/BNC)

Seniman Banyumas menggelar aksi Ganyang Malaysia (foto:cit/BNC)

Bawor simbol Banyumas diarak pengunjuk rasa (foto:cit/BNC)

Bawor simbol Banyumas diarak pengunjuk rasa (foto:cit/BNC)

PURWOKERTO – Klaim sepihak yang dilakukan Malaysia terhadap berbagai kebudayaan Indonesia banyak menuai aksi kecaman di berbagai daerah di Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Banyumas. Rabu (9/9) pagi sekitar 10 orang seniman Banyumas yang tergabung dalam Gerakan Bela Martabat Bangsa melakukan aksi simpatik di depan pendopo Si Panji alun-alun Purwokerto.

Dalam aksinya mereka membawa sebuah spanduk bertuliskan “Gerakan Bela Martabat Bangsa Ganyang Malaysia”  Koordinator aksi Arno Suprapto mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk kekecewaan mereka terhadap prilaku Malaysia yang telah sewenang-wenang mengklaim berbagai kebudayaan warisan Indonesia.

“Bukan sekali ini saja Malaysia melakukan provokasi terhadap Indonesia dengan mengklaim kebudayaan Indonesia, sebelum Tari Pendet Bali, Malaysia juga pernah mengklaim Reog Ponorogo, Batik, Lagu Rasa Sayange, Angklung, bahkan Malaysia telah merebut Pulau Sipadan dan Ligitan” Ujar Arno.

Dalam aksi tersebut para seniman juga membawa sebuah bendera merah putih dan Malaysia serta sebuah patung berbahan Styrofoam berbentuk Bawor. “Jangan sampai Bawor ini juga diklaim sebagai milik Malaysia” tutur Arno yang juga merangkap sebagai humas aksi.
“Bendera Malaysia ini tidak akan kami bakar, melainkan akan kami kirim kepada Duta Besar Malaysia di Jakarta, ini sebagai bukti kalau bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dan bermartabat sehingga jangan sekali-kali lagi mereka melakukan provokasi terhadap Indonesia.

Adapun tuntutan aksi Ganyang Malaysia tersebut :

1.    Pemerintah di harap lebih tegas dengan Malaysia
2.    Pemerintah Malaysia harus meminta maaf secara resmi kepada rakyat Indonesia dan berjanji tidak akan melakukan lagi.
3.    Apabila point ke 2 tidak dilakukan, Pemerintah bersama rakyat akan memboikot semua produk Malaysia
4.    Memutuskan hubungan diplomatik dengan Indonesia.
5.    Menghentikan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke Malaysia.
6.    Menarik semua Tenaga Kerja Indonesia dari Malaysia.
7.    Usir semua warga negara Malaysia yang berada di Indonesia.
8.    Mengajak semua lapisan masyarakat untuk memerangi semua bentuk dari Malaysia.
9.    Menyatakan Jihad dengan Malaysia.(banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response