NA Cilacap dan UMP berdayakan istri nelayan

CILACAP-Pengurus Daerah Nasyiatul ‘Aisyiah (PDNA) Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UMP) Purwokerto, PDNA Cilacap menggelar program pemberdayaan bagi para istri nelayan. Progam ini terwujud karena masih minimnya tingkat pendapatan para istri nelayan di Cilacap.

Peserta program ini sebanyak 25 orang yang merupakan anggota Kelompok Wanita Nelayan Bakung Indah Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan. Mereka akan mendatkan pelatihan pembuatan produk olahan dari ikan rucah.

” Kita tahu ikan rucah ini merupakan salah satu jenis ikan kecil yang nilai ekonominya sangat rendah. Padahal jenis ikan ini tersedia cukup melimpah di perairan Cilacap,” ujar Ketua PDNA Kabupaten Cilacap, Ifnu Yulianti AMd.

Menurut Ifnul Yulianti,jika dijual dalam bentuk mentah, ikan rucah hampir tidak ada harganya. Bersama UMP kami mencoba memberikan pelatihan membuat produk olahan dari ikan rucah menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi dan menjadi sumber pendapatan alternatif bagi para istri nelayan.

“Nantinya pelatihan ini meliputi pembuatan sosis dan nugget dengan kandungan ikan murni,” tambanya.

Pelatihan difasilitasi LPPM UMP yang secara khusus mengirim empat dosen sebagai fasilitator. mereka antara lain Dr Subuh Anggoro SPi MSi, Dr Tumisem MSi dan Azmi Fitriati SE MSi Akt (banyumasnews.com/tin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.