Bupati Mardjoko: jangan kecewakan pemudik

Ditulis 08 Sep 2009 - 16:27 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Bertempat di gedung Graha Satria Purwokerto,Selasa

Rapat persiapan lebaran di Satria Graha Purwokerto (foto:cit/BNC)

Rapat persiapan lebaran di Graha Satria Purwokerto (foto:cit/BNC)

pagi tadi (8/9) Bupati Banyumas Drs.Mardjoko, MBA memimpin langsung rapat persiapan menjelang arus mudik lebaran 2009. Rapat yang dihadiri oleh perwakilan seluruh kecamatan se-Banyumas dan juga dinas/instansi terkait, diantaranya Disnakan, Disparbud, Dishub, DLLAJ, Satpol PP, Disperindagkop .

Mardjoko dalam rapat berpesan bahwa Kabupaten Banyumas harus memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam mensukseskan Mudik Lebaran 2009 kali ini, “ Jangan sampai kita mengecewakan para pemudik mengingat Purwokerto adalah salah satu tujuan pemudik dan merupakan jalur penghubung menuju Jogjakarta. Karens itu semua hal yang berkaitan harus segera dibenahi dan untuk itu perlu kerjasama yang baik dari semua pihak” tandas Mardjoko.

Pengecekan kesiapan dilakukan Mardjoko terhadap ketersediaan bahan pangan menjelang Lebaran di wilayah Banyumas, jalur-jalur mudik dan angkutan mudik, serta pengamanan arus mudik. Untuk stok pangan berupa beras, Banyumas masih memiliki ketersediaan hingga 4 bulan kedepan.

Umumnya tidak ada gangguan yang berarti terhadap stok kebutuhan pokok masyarakat kecuali Gula, hal tersebut dikarenakan faktor kondisi global yang tidak mendukung yakni El Nino. Brazil, Mexico, India sebagai negara pengekspor gula mengalami gangguan terhadap produksi tebu dan hal ini berimplikasi pada ketersediaan gula di dalam negeri. Pemerintah akan coba menanggulangi hal tersebut dengan mengadakan pasar gula murah dimana gula akan dijual pada kisaran Rp.7000/kg.

Sedangkan untuk jalur mudik dan angkutan mudik, Dishub bekerjasama dengan berbagai pihak juga telah mempersiapkan jalur-jalur yang aman dan nyaman bagi pemudik baik itu jalur utama maupun jalur-jalur alternatif penghubung Banyumas dengan kabupaten-kabupaten lain. Pemda Banyumas juga telah menyiapkan 2 buah Bus ditambah 3 buah Bus dari pemprov untuk keperluan mudik gratis masyarakat dari Jakarta menuju Purwokerto dan sebaliknya. “Bus-bus ini nantinya akan digratiskan bagi pemudik yang tidak mampu” ungkap Mardjoko. Rapat yang dimulai pukul 10.00 WIB baru berakhir sekitar pukul 12.30 WIB (banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response